Pakar Politik Sebut Dua Tokoh Ini Jagoan Jokowi 2024

Direktur Rumah Politik Fernando Emas, mengatakan dua tokoh calon presiden 2024 itu berasal dari Kabinet Indonesia Maju. Keduanya dipercaya Jokowi.
Presiden Jokowi dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Seknas Jokowi. (Foto: Tagar/Setkab)

Jakarta - Direktur Rumah Politik Fernando Emas, menilai adanya arahan Presiden Jokowi kepada relawan, disinyalir ada dua tokoh yang potensial menjadi calon presiden tahun 2024 .

Menurut Fernando, calon presiden yang dipersiapkan Jokowi akan berasal dari tokoh yang saat ini sedang menjabat di Kabinet Indonesia Maju.

"Berdasarkan peran yang diberikan Jokowi ada dua nama yang potensial dipersiapkan Jokowi untuk menggantikannya, yaitu Moeldoko yang saat ini menjabat Kepala KSP dan Erick Thohir yang dipercaya Menteri BUMN," kata Fernando, Rabu, 16 Juni 2021.



Fernando menuturkan beberapa alasan, Erick yang pada masa pilpres diberikan kepercayaan untuk memimpin Tim Kampanye Nasional. Kedua, pada pernikahan Kahiyang tahun 2017, Moeldoko dipercaya untuk mewakili keluarga.

"Membuktikan kalau keduanya sangat dipercaya oleh Jokowi," ujarnya.

Hanya saja, menurut dia, Jokowi dinilai mempercayakan kepada masing-masing untuk membangun popularitas dan elektabilitas sehingga mempermudah mendapatkan dukungan dari partai politik.

"Perlu kerja keras Moeldoko dan Erick Thohir membangun popularitas dan elektabilitas agar dilirik partai. Moeldoko juga perlu secara serius untuk menang di pengadilan agar Partai Demokrat dibawah kepemimpinannya," katanya.


Yaitu Moeldoko yang saat ini menjabat Kepala KSP dan Erick Thohir yang dipercaya Menteri BUMN.


Sebelumnya, Jokowi menyebut relawan-relawannya cukup seksi di mata para tokoh politik. Menurut Jokowi, para relawan akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati.

"Kenapa begitu, karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan, mengantarkan saya menjadi Presiden Republik Indonesia dua periode," kata Jokowi dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Seknas Jokowi.

Jokowi berharap segenap relawan untuk mempelajari peta politik. Pada saatnya nanti, Jokowi akan membawa kapal besar bernama Relawan Jokowi untuk menentukan sikap politik pada Pilpres 2024.

"Nanti pada saatnya saya akan berbicara, saya akan menyampaikan ke mana kapal besar Relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan. Untuk saat ini saya mengajak sekali lagi para relawan semuanya, untuk fokus membantu pemerintah," kata Jokowi. []

Berita terkait
Komitmen Relawan Militan Menjaga Jokowi Sampai 2024
Relawan dan pendukung setia Presiden Jokowi berkomitmen mendukung dan menjaga Jokowi sampai akhir periode 2024.
Kursi Kosong Kementerian, Bara JP: Relawan Percaya Jokowi
Ketua Umum Bara JP, Viktor Sirait menegaskan bahwa relawan memberikan kepercayaan bagi Presiden Jokowi memilih menteri pengganti Edhy dan Juliari.
Konsolidasi Relawan Jokowi Atasi Krisis Multidimensi
Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), Viktor S Sirait menyayangkan, di tengah kesulitan bangsa akibat pandemi ada gerakan intoleran
0
Pakar Politik Sebut Dua Tokoh Ini Jagoan Jokowi 2024
Direktur Rumah Politik Fernando Emas, mengatakan dua tokoh calon presiden 2024 itu berasal dari Kabinet Indonesia Maju. Keduanya dipercaya Jokowi.