UNTUK INDONESIA
PA 212: Abdul Somad Ulama yang Harus Dimuliakan
Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif menyayangkan adanya upaya penolakan dakwah terhadap ustaz Abdul Somad di KPK.
Ustad Abdul Somad (UAS) memberikan tausyiah pada tabligh akbar di Pondok Pesantren Serambi Aceh Desa Meunasah Rayeuk, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Jumat 8 Maret 2019. (Foto: Antara/Syifa Yulinnas).

Jakarta - Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menyayangkan adanya penolakan terhadap ustaz Abdul Somad (UAS) saat melakukan tausiah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Menurutnya, tamu yang sudah diundang seharusnya dihormati bukan justru ditolak, bahkan sampai menjadi bahan pergunjingan di masyarakat.

Beliau-kan hanya menerima undangan, kemudian melaksanakan kewajiban dakwah.

Baca juga: Ketum PA 212 Suruh Mahfud Md ke Arab Saudi

"Beliau itu diundang maka yang mengundang itu punya kewajiban untuk menghormati tamu yang datang. Kalau sudah diundang ya layaknya dihormati, itu etika. Apalagi beliau seorang ulama, harus dimuliakan," katanya di DPP FPI, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 21 November 2019.

Slamet MaarifKetua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif. (Foto: Antara/Fauzi)

Seharusnya, kata dia, penolakan dilayangkan ke penyelenggara acara. Pasalnya, kata dia, ulama asal Asahan, Sumatera Utara itu hanya menjalankan tugasnya untuk memberikan pencerahan kepada jemaah.

"Kalau sudah diundang kan berarti risiko yang mengundang. Beliau-kan hanya menerima undangan, kemudian melaksanakan kewajiban dakwah," ujarnya.

Baca juga: Advokat FPI Tatap Konspirasi Berantai Rizieq Shihab

Sebelumnya UAS mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Selasa, 19 November 2019. UAS datang untuk memberikan ceramah di hadapan karyawan lembaga antirasuah.

Ketua KPK Agus Rahardjo hingga kini sedang memeriksa siapa anggotanya yang telah mengundang Abdul Somad sehingga menuai polemik. "Ya itu nanti kepada pegawainya kita periksa," kata Agus di Jakarta, Rabu, 20 November 2019. []

Berita terkait
Guntur Romli Sebut Figur Taliban Undang UAS di KPK
Politikus PSI Mohamad Guntur Romli menyayangkan pegawai internal KPK yang menghiraukan perintah Agus Rahardjo soal ceramah ustaz Abdul Somad.
Siapa Mengundang Ustaz Abdul Somad ke KPK?
Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan maksud kedatangan Ustadz Abdul Somad pada Selasa, 19 November 2019 lalu bukan diundang secara kelembagaan.
Alasan Menolak Kehadiran Ustaz Abdul Somad
Tentu orang ingin tahu kenapa Ustaz Abdul Somad ditolak kehadirannya di beberapa tempat. Ini penjelasan Majelis Ulama Indonesia.
0
BPBD Magelang Teliti Penyebab Banjir Bandang
Pembersihan lumpur di lokasi banjir bandang di Magelang selesai. Berikutnyya meneliti penyebab munculnya banjir.