Optimalkan Marketing Bisnis di 5 Media Sosial Ini!

Jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai jutaan orang dan kesempatan untuk mendapatkan konsumen jauh lebih besar.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Dalam bisnis, pemasaran adalah kunci penting berhasil atau tidaknya bisnis berjalan. Melalui pemasaran, suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu, bisnis Anda bisa mendapat respon dari konsumen dan tingkat penjualan pun akan naik.

Tim pemasaran bertugas merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang ke tempat atau momen yang potensial untuk mendapatkan pembeli.

Pemasaran yang tepat dan efisien dilakukan di tempat yang ramai dikunjungi masyarakat atau tempat dimana kemungkinan besar produk Anda dibutuhkan, seperti air mineral atau minuman isotonic akan laris jika dijual di saat car free day, lapangan olahraga, dan taman kota.

Selain datang langsung ke tempat yang ramai, Anda juga bisa memanfaatkan pemasaran melalui media sosial. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai jutaan orang dan kesempatan untuk mendapatkan konsumen jauh lebih besar dibanding pemasaran dalam satu wilayah saja.

Media sosial juga tidak terbatas ruang dan waktu sehingga produk Anda dapat dilihat oleh siapa saja dan kapan saja. Anda akan lebih hemat waktu, modal, dan tenaga. Beberapa media sosial di bawah ini bisa menjadi pilihan Anda.


1. Youtube

Di Indonesia, media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak dipegang oleh Youtube. Maka tidak heran media sosial ini bisa berpotensi untuk pemasaran produk.

Melalui video, Anda bisa meningkatkan brand awareness, mengulas produk yang dijual, dan berinteraksi dengan konsumen.

Konten videonya pun bermacam-macam tergantung jenis bisnis Anda. Misalnya jika Anda memiliki café, Anda bisa membuat video saat melayani pembeli dan menyiapkan pesanan. Bisnis kecil seperti butik pakaian bisa mempromosikan dengan video room tour atau mengunjungi gudang produksi.

Konten mengemas barang pesanan juga digandrungi oleh penonton, biasanya ini untuk bisnis baju, alat tulis, barang seni, dan sebagainya.

Sementara untuk bisnis barang elektronik dan otomotif, biasanya konten video pemasarannya lebih maju lagi dan memakan biaya yang tidak sedikit yakni membuat drama series.

Agar konten dapat muncul pada urutan pertama di hasil pencarian, Anda perlu memperlajari SEO Youtube dan Youtube Analytics, sehingga pemasaran Anda bisa lebih optimal.


2. Instagram

Pada Oktober 2021, menurut laporan Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91,01 juta dengan rata-rata usia penggunanya dari 18-24 tahun dan didominasi perempuan.

Ini menjadi kesempatan bagi pelaku bisnis untuk mengencangkan pemasaran melalui aplikasi milik perusahaan Meta yang didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Tampilan Instagram yang mengutamakan gambar visual dan suara dapat menciptakan beragam konten mulai dari foto, video dengan beragam durasi, polling (pemungutan suara), fitur komentar, fitur membagikan unggahan, fitur direct message, siaran langsung, hingga tautan ke media sosial lainnya.

Selain itu, Instagram juga menyediakan akun professional khusus untuk pelaku bisnis yang bisa mengetahui kinerja akun Anda, fitur ini dinamakan Insight Realtime.

Pengunjung juga bisa mendapatkan kontak toko Anda mulai dari nomor telepon dan email yang ditampilkan di bio akun Instagram.

Layaknya media tontonan lainnya, Instagram juga menyediakan iklan berbayar selama periode penayangan tertentu yang disesuaikan dengan perminataan pembeli layanan. Layanan iklan ini disebut Instagram Ads.


3. TikTok

TikTok merupakan aplikasi video dan suara yang tengah digandrungi masyarakat terutama anak muda. Video berdurasi singkat ini bisa menyita penonton hingga miliaran kali ditonton.

Lebih menguntungkan lagi apabila konten Anda bisa masuk ke For Your Page (FYP) milik orang lain. Hal ini akan membantu brand awareness dan menaikkan engagement akun Anda.

Konten yang bisa dikembangkan seperti dance challenge, ulasan produk, tips menggunakan produk, parodi, hingga hashtag challenges.

Salah satu strategi yang tak kalah ampuh adalah berkolaborasi dengan influencer yang telah memiliki ribuan hingga jutaan pengikut di media sosial mereka. Cara ini akan memberikan dampak besar dalam waktu singkat.


4. Twitter

Hal viral dapat dengan mudah diketahui dan dibesarkan di Twitter cukup dengan melihat daftar trends topic yang muncul dari kata kunci atau hashtag yang sedang ramai digunakan.

Keunggulan lain dari media sosial ini adalah penggunaan hashtag yang menjadi kata kunci, retweet, like, dan quote tweet yang bisa digunakan saat pengunjung ingin mereaksikan postingan yang Anda buat.

Selain itu, fitur thread atau unggahan panjang dan bersambung dapat menarik interkasi banyak orang, dengan menambahkan komentar, foto, atau video.

Twitter juga menyediakan fitur Twitter analytic yang memudahkan pemilik akun mengetahui aktifitas dan kinerja akun pada masing-masing unggahan tweet.

Pada bio akun Anda bisa disisipkan tautan website atau market place yang Anda gunakan dan lokasi toko Anda. Untuk unggahan penting, fitur pin bisa memudahkan setiap orang yang mengunjungi akun Anda melihat unggahan tersebut.


5. Facebook

Jauh sebelum hadirnya Instagram dan TikTok, Facebook menjadi media sosial yang digandrungi oleh masyarakat dan tempat berbisnis yang potensial. Tidak heran Facebook menempati urutan pertama media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia.

Berbeda dengan Instagram, usia pengguna Facebook kisaran dari 16-64 tahun dengan rata-rata waktu yang dihabiskan bermain di facebook sekitar 3 jam 26 menit dalam sehari.

Halaman Facebook memudahkan Anda untuk mendeskripsikan produk yang Anda jual beserta penyisipan foto dan video. Unggahan itu bisa dikomentari dalam bentuk emotikon dan tulisan dari pengunjung akun Anda.

Selain itu, di Facebook juga memiliki akun komunitas yang bisa membantu Anda mendapatkan relasi dan jaringan dalam pemasaran produk.

Sama seperti media sosial lainnya, Facebook juga menyediakan layanan iklan yang bisa diatur target usia penonton yang dapat melihat iklan tersebut. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga

Berita terkait
5 Kelebihan Menggunakan WhatsApp Bisnis
Aplikasi ini memberikan beberapa kemudahan dan efisiensi untuk pelaku bisnis.
4 Tips Agar Bisnis Tetap Stabil di Tengah Krisis
Pelaku usaha perlu melakukan evaluasi, inovasi, dan personal branding yang bagus di mata masyarakat.
5 Tips Mendapatkan Investor untuk Modal Bisnis
Salah satu cara yang bisa dijadikan alternatif dalam mencari modal adalah mencari investor.
0
Ramalan Zodiak Selasa, 14 November 2023, Peruntungan Cinta
Ramalan zodiak Selasa, 14 November 2023 untuk semua zodiak yang menggambarkan tentang sebuah peruntungan dalam cinta yang akan Anda alami.