Oppo Diprediksi Bawa Lensa Sony IMX789 di Produk Terbaru

Perusahaan pengembang gawai pintar, Oppo, dikabarkan telah menyiapkan lensa Sony IMX789 dalam seri flagship selanjutnya, Find X3.
Ilustrasi produk ponsel pintar Oppo. (Foto: Oppo)

Jakarta - Perusahaan pengembang gawai pintar, Oppo, dikabarkan kembali bekerja sama dengan Sony untuk pengembangan sektor kamera ponsel. Informasi terbaru menyebutkan Oppo telah menyiapkan lensa Sony IMX789 dalam seri flagship selanjutnya, Find X3.

Seperti diketahui bulan Desember OPPO baru saja meluncurkan ponsel flagship OPPO Reno5 Pro + 5G. Beberapa sorotan utamanya, yakni di bagian belakang elektrokromik dan lensa Sony IMX766 50 megapiksel yang dibangun dalam kemitraan dengan Sony.

Sony sendiri adalah pabrikan sensor kamera yang produknya dipakai di smartphone dari berbagai merek. Sensor 48 megapiksel Sony IMX586, misalnya, dipakai di Oppo Reno 2, Realme 5 Pro, hingga Redmi Note 7 Pro.

Sony dan Oppo tampaknya memiliki hubungan bisnis yang erat dalam mengembangkan sensor kustom. Kamera utama Oppo Find X2 Pro sebelumnya juga hadir dengan sensor IMX689 berukuran 1/1.43 inci atau diagonal fisik 11,2mm, yang kuat untuk sebuah smartphone.

Pihak OPPO juga diharapkan untuk meluncurkan seri Find X3 pada kuartal pertama tahun ini. seorang leaker asal China menyebutkan bahwa lensa Sony IMX789 sudah disiapkan oleh Oppo dalam peluncuran smartphone selanjutnya.

Baik Oppo maupun Sony belum memberikan komentar resmi terkait rumor ini. Tetapi diduga sensor baru ini akan dipasangkan pada Find X3.

Di bagian belakang kamera diperkirakan memiliki lensa Sony IMX766 50MP sebagai kamera utama, lensa Sony IMX766 untuk ultrawide, lensa telefoto 14MP dengan zoom optik 2x, dan lensa makro 3MP.

Mengutip informasi dari laman Gizchina, sebenarnya belum diketahui pasti smartphone OPPO mana yang akan datang dengan lensa IMX789 baru.

Sementara itu, melihat nama IMX789, sangat mungkin bahwa sensor tersebut akan menjadi penerus langsung dari IMX689, yang diharapkan membawa pemrosesan sensor dengan level lebih tinggi dan jumlah fisik piksel yang jauh meningkat mengikuti tren 108 megapiksel dari perusahaan lain.

Meskipun tidak ada informasi teknis yang tersedia pada IMX789, tampaknya ini menawarkan pengalaman yang lebih unggul daripada IMX689 dan IMX766 dalam hal fotografi cahaya rendah. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Bocoran Terbaru, Laptop Huawei Bakal Usung Chipset Kirin
Sebuah bocoran terbaru menyoroti fitur dan laptop terbaru perusahaan asal Tiongkok, Huawei, yang kabarnya bakal didukung oleh chipset Kirin.
Samsung Galaxy M31, Smartphone Pertama Update One UI Core 3.0 Beta.
Samsung Galaxy M31 kini telah diperbarui menjadi perangkat dengan One UI 3.0 terbaru berbasis Android 11.
Empat Rekomendasi Game di Smartphone Android
Berikut Tagar bagikan empat rekomendasi game di smartphone dengan sistem operasi Android menarik yang dapat dicoba.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.