Olivia Zalianty Turut Memerangi Hoax di Masa Pandemi

Olivia mengaku aktif menjadi relawan dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia menyaring berita-berita palsu atau hoax mengenai Covid-19.
Olivia Zalianty. (Foto: Tagar/Zulu)

Jakarta - Artis Olivia Zalianty berbagi cerita soal kegiatannya selama pandemi Covid-19. Ia mengaku banyak pekerjaan jadi tertunda karena pandemi yang tak kunjung usai.

Selain itu Olivia juga mengaku aktif menjadi relawan dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia cerita soal tugasnya dalam menyaring berita-berita palsu atau hoax mengenai Covid-19.

"Aku jadi relawan lintas budaya di gugus tugas. Jadi tugasnya itu bagaimana kita mendiskriminasikan berita Covid-19 yang sekarang kan juga banyak hoax," cerita Olivia di studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin, 26 Juli 2021.

Olivia tak heran bila di era media sosial dan pandemi seperti ini banyak berita hoax yang beredar luas di tengah masyarakat. Hal ini dianggap Olivia membuat masyarakat menjadi bingung dalam menghadapi Covid-19 karena tidak ada pusat berita resmi yang memberikan informasi pasti.


Sebaiknya dari gugus tugas itu dikumpulkan, membuat jurnal tentang virus Covid-19, untuk memberikan edukasi.


Selain itu Olivia juga menyampaikan beberapa contoh soal berita yang simpang-siur yakni terkait cara penanganan, keraguan terhadap vaksinasi dan obat-obatan, hingga gejala umum bila terpapar Covid-19. Ia lantas memberikan saran soal pembuatan jurnal resmi Covid-19 untuk menangkal berita-berita hoax yang menyesatkan. 

"Yang paling penting, sebaiknya dari gugus tugas itu dikumpulkan, membuat jurnal tentang virus Covid-19, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi simpang-siur berita," ungkap Olivia.

Sebagai warga negara Indonesia, Olivia mengaku juga ikut bertanggung jawab dalam membantu menyelesaikan masalah pandemi. Hal ini yang membuat Olivia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu melawan Covid-19.

"Marilah kita bersama-sama jangan jadikan pandemi ini sebagai sebuah komoditas politik, mari melupakan baju dan warna masing-masing. Ayo kita bersatu sebagai bangsa Indonesia untuk melawan Covid-19," kata Olivia.

"Saya sebagai masyarakat Indonesia, bertanggung jawab juga. Karena Covid-19 ini tidak bisa kita lawan sendiri-sendiri, mari kita bergandeng tangan  dan tidak perlu saling menyalahkan," tutup Olivia. []


Baca juga

Berita terkait
Bukan Hoax, Ini Cara Buat Subway Sandwich Sendiri
Dari pada kecewa karena tidak bisa menyantap sandiwich dari Subway sebaiknya kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut resepnya.
IPNU: Anak Muda Jangan Golput & Termakan Hoax
Ulul Albab Permata Arsy ajak semua pelajar serta anak muda Indonesia untuk gunakan hak pilihnya dan jangan termakan hoax.
Cek Fakta: Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Papua itu Hoax
Marsekal Pertama TNI Budi Achmadi, menegaskan berita tentang pesawat transport berat C-130 Hercules jatuh adalah tidak benar atau "hoax".
0
Olivia Zalianty Turut Memerangi Hoax di Masa Pandemi
Olivia mengaku aktif menjadi relawan dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia menyaring berita-berita palsu atau hoax mengenai Covid-19.