UNTUK INDONESIA

Olahan Serba Kentang, Simpel Buat Sahur Pertama Ramadan 2021

Seminggu lagi masuk bulan puasa Ramadan 2021. Untuk penyemangat, ini tiga resep olahan kentang, simpel buat inspirasi hidangan sahur hari pertama.
Ilustrasi - Kentang cabe madu. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Seminggu lagi masuk bulan puasa Ramadan 2021. Resep olahan serba kentang ini simpel, mudah memasaknya, enak, bisa untuk inspirasi hidangan sahur hari pertama puasa. 

Kentang dan berbagai variasi olahannya, memang tidak berlebihan kalau dikatakan semua orang menyukainya. Kentang praktis, sehat, lezat, mudah didapat dan kaya nutrisi penting untuk kesehatan, yaitu zat besi, kalsium, seng, kalium, vitamin C, dan vitamin B6.


KentangIlustrasi - Kentang mudah didapat dan kaya nutrisi penting untuk kesehatan. (Foto: Tagar/Pixabay)


Berikut tiga resep olahan kentang, mudah dan super cepat, dalam sekejap tersaji di meja untuk sahur hari pertama.


1. Kentang Cabe Madu


Kentang Cabe MaduIlustrasi - Kentang cabe madu. (Foto: Tagar/Pexels)


Potong 500 gram kentang memanjang dan lapisi dengan 3 sdm tepung jagung dan 3 sdm tepung halus. Biarkan selama 15 menit lalu goreng dengan minyak. Campurkan 1 sdt sambal merah, ½ sdt cuka, ½ sdm madu dan ½ sdt kecap dalam mangkuk, sisihkan. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tambahkan bawang putih cincang halus. Tambahkan campuran saus yang sudah disiapkan dan kemudian kentang ke dalam wajan. Masak selama 1-2 menit dan hiasi dengan biji wijen dan daun bawang cincang. Sajikan panas.


2. Irisan Kentang Bawang Putih


Irisan Kentang Bawang PutihIlustrasi - Irisan kentang bawang putih. (Foto: Tagar/Pexels)


Potong 300 gram kentang menjadi irisan dengan ketebalan yang sama. Campur ¼ cangkir minyak zaitun, 2-3 siung bawang putih cincang, ½ sendok teh bubuk bawang merah, sedikit garam, ¼ sendok teh bubuk lada hitam dan 1 sendok teh paprika dalam mangkuk. Tuang campuran yang sudah disiapkan ini pada irisan kentang dan aduk rata. Letakkan kentang di atas loyang dan panggang selama 30 menit pada suhu 180 derajat celsius. Sajikan panas.


3. Kentang Tumbuk


Kentang TumbukIlustrasi - Kentang Tumbuk. (Foto: Tagar/Pixabay)


Cuci dan kupas 12-15 kentang russet dan masukkan ke dalam panci. Tutupi dengan air dingin dan rebus selama 20-25 menit sampai lunak. Pindahkan kentang ini ke dalam mangkuk dan kocok sambil menambahkan 1 cangkir susu panas ke dalam mangkuk. Tambahkan 10 sdm mentega dan aduk rata. Terakhir, tambahkan sedikit garam dan kocok hingga kentang menjadi ringan dan mengembang. Siap disajikan.






Berita terkait
Variasi Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi yang Nikmat dan Lezat
Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi memiliki variasi dalam pengolahannya untuk disajikan. Salah satunya variasi nasi bakar.
Resep Seafood Bakar Jimbaran Chef Yuda Bustara Dijamin Lezat
Berikut Resep seafood bakar Jimbaran ala Chef Yuda Bustara yang wajib kalian coba buat sendiri di rumah.
Resep dan Cara Membuat Jiaozi, Makanan Wajib saat Imlek
Tahun Baru Imlek sudah dekat. Menyiapkan makanan jiaozi dapat menjadi rekomendasi sajian perayaan Imlek di rumah. Begini cara bikin dan resepnya.
0
Olahan Serba Kentang, Simpel Buat Sahur Pertama Ramadan 2021
Seminggu lagi masuk bulan puasa Ramadan 2021. Untuk penyemangat, ini tiga resep olahan kentang, simpel buat inspirasi hidangan sahur hari pertama.