Obor Asian Games Menyeberangi Sungai Musi

Obor Asian Games menyeberangi Sungai Musi dengan kapal di Palembang, setelah sebelumnya terbang dalam pengawalan pasukan TNI.
Obor Asian Games Menyeberangi Sungai Musi | Pedangdut Evi Masamba membawa api obor Asian Games 2018 saat melintas di Jembatan Ampera Palembang, Sumsel, Sabtu (4/8/2018). Obor Asian Games 2018 tersebut dibawa mengelilingi kota Palembang dan menyeberang Sungai Musi dengan kapal. (Foto: Antara/Feny Selly)

Palembang, (Tagar 4/8/2018) - Pedangdut Evi Masamba membawa obor Asian Games 2018 melintasi Jembatan Ampera Palembang, Sumsel, Sabtu (4/8). Obor Asian Games 2018 tersebut dibawa mengelilingi Kota Palembang dan menyeberangi Sungai Musi dengan kapal. 

Obor Asian Games 2018 dengan menggunakan jalur udara telah melintasi beberapa provinsi di Indonesia yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Pekanbaru, dan Jambi. 

Kini obor Asian Games tiba di Kota Palembang dengan pengawalan 52 Pasukan TNI Udara yang terbang dari Lanud Sri Mulyono Herlambang, mendarat di Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Sabtu (4/8).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, nuansa dirgantara dalam torch relay di Palembang ini memberikan makna bahwa dirgantara adalah salah satu kekayaan bangsa. 

Kirab obor yang melewati banyak daerah ini, lanjutnya, juga diharapkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita tahu kita memiliki wilayah yang luas, 17.500 pulau, dua pertiganya adalah lautan. Api Asian Games akan mengikat persatuan dan kesatuan RI," ungkapnya kepada wartawan usai menerima Tinder Box Api Obor Asian Games.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan sangat bangga, estafet obor keliling Indonesia sebagai  simbol pertemanan dan semangat Asian Games 2018 di seluruh penjuru Indonesia.

"Kini sudah menjadi kenyataan, mimpi sejak 2011," katanya.

Kegiatan yang disebut Torch Ralay api abadi tidak hanya singgah di Kota Palembang, namun juga bekeliling ke sejumlah Kabupaten/Kota Palembang Sumatera Selatan. Mulai dari Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir, Prabumulih, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir. Selanjutnya api menuju Provinsi Lampung.

Api Asian Games ini sudah menempuh jarak India-Indonesia sepanjang 18.000 km dengan melewati 1 kota di India, 18 provinsi, 63 kota di Indonesia yang digelar 15 Juli-18 Agustus. []

Berita terkait