UNTUK INDONESIA
Nikmatnya Sensasi Rasa Rawon Setan Mbak Endang
Rawon Setan Mbak Endang cukup terkenal di Jakarta dan di Pulau Jawa, khususnya Surabaya, Jawa Timur.
Makanan asal Surabay, Jawa Timur Rawon Setan Mbak Endang. (Foto: Instagram/rawonsetanmanggabesar)

Jakarta - Rawon Setan Mbak Endang cukup terkenal di Jakarta dan di Pulau Jawa, khususnya Surabaya, Jawa Timur. Meskipun, terdengar aneh dengan sebutan nama makananya, tetapi sensasi kelezatan kuliner yang satu ini sudah diakui oleh masyarakat. 

Kuliner yang cukup mistis ini, awalnya beredar di wilayah Surabaya, Jawa Timur. Namun, seiring berjalan waktu, bisnis kuliner ini merambah ke ibu kota seperti di Puri Kembangan, Jakarta Barat.

Ada yang berbeda dengan cita rasa Rawon Setan ini, melihat kuahnya yang kental dengan warna hitam pekat yang dimilikinya, menjadi ikonik kuliner ini. Bahkan, sekaligus menunjukkan kesan horor melihat dari kuah rawon itu. 

Bukan tanpa alasan Ibu Endang menamai kuliner ini dengan sebutan Rawon Setan. Nama itu bermula dari hidangan potongan daging sapi dengan kuah yang hitam pekat yang menjadi ciri khas makanan ini. Apalagi, dulu hanya bisa dinikmati pada malam hari sekitar pukul 22.00 hingga

Namun, seiring waktu berjalan dan peminat semakin banyak, warung Ibu Endang bisa dikunjungi kapan saja. Karena Rawon Setan Mbak Endang ini telah buka selama 24 jam.

Ketika mengunjungi tempat kuliner ini, pelanggan akan dimanjakan dengan kuahnya yang diramu dari bumbu kluwak yang diambil isinya dan disangrai, kemudian dicampur dan direbus dengan bahan-bahan utama rempah.

Melengkapi sensasi rasa rawon tersebut, akan lebih nikmat disaji dengan nasi putih, kerupuk udang, empal goreng, irisan telor asin, taburan tauge rebus, bawang goreng, dan sambal terasi. 

Menikmati kuliner ini, tentu tidak akan menguras kantong anda. Hanya dengan mengeluarkan uang sejumlah Rp 25.000, pelanggan akan puas mencicipi kelezatan makanan ini.[]

Baca juga:

Berita terkait
Daging Kuda Kuliner Khas Jeneponto
Di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, daging kuda merupakan makanan favorit bagi masyarakat yang disajikan di setiap pesta atau acara kuliner
Sego Koyor, Kuliner Khas Jogja Pemuas Selera
“Sego Koyor” kuliner khas Yogyakarta yang jadi salah satu makanan malam hari bagi warga Yogyakarta. Kuliner ini harganya Rp 15 ribu satu porsi
Soto Sampah, Kuliner Unik Penggoyang Lidah dari Jogja
Yogyakarta mempunyai soto khas yang berbeda dari soto pada umumnya, terkhusus namanya, yakni "Soto Sampah".
0
iPhone 11 Dijual Resmi di Indonesia 6 Desember 2019
Mulai 6 Desember 2019 Teletama Artha Mandiri (TAM) akan memasarkan iPhone 11 di Indonesia. Berikut harga jualnya,