UNTUK INDONESIA
Nicke Widyawati, Wanita Tasikmalaya yang Jadi Bos Pertamina
Nicke Widyawati, Dirut Pertamina masuk peringkat ke-16 dari daftar 50 wanita paling berpengaruh di dunia versi Fortune.
Nicke Widyawati, Dirut Pertamina masuk peringkat ke-16 dari daftar 50 wanita paling berpengaruh di dunia versi Fortune. (Foto: Tagar/Sekretariat Kabinet/Nicke Widyawati).

Jakarta- Nama Nicke Widyawati menoreh catatan sejarah dengam masuk deretan sebagai wanita paling berpengaruh di dunia versi Fortune. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) ini berada diperingkat ke-16 dari 50 wanita tangguh yang berkiprah di dunia bisnis.

Nicke kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 25 Desember 1967 menjadi wanita kedua yang menduduki posisi tertinggi di perusahan migas pelat merah, setelah Karen Galaila Agustiawan. Ia diangkat menjadi direktur utama Pertamina pada tahun 2018, menggantikan Elia Massa Manik yang diberhentikan di tengah upaya restrukturisasi.

Nicke adalah alumni SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Setelah itu ia berkuliah di Institut Teknologi Bandung mengambil jurusan teknik industri dan lulus pada tahun 1991. Ia kemudian melanjutkan pendidikan strata dua di Universitas Padjajaran mengambil jurusan hukum bisnis dan lulus pada tahun 2009.

Seperti dikutip Tagar dari wikipedia.org, Nicke mulai bekerja pada usia 21 tahun, saat masih kuliah strata satu di Bank Duta cabang Bandung. Setelah itu ia sempat bekerja di PT Rekayasa Industri. Ia terlibat dalam beberapa proyek yang bekerja sama dengan Pupuk Sriwijaya di Palembang, Lhokseumawe, Cilegon, dan Malaysia.

PertaminaKilang Refinery PT Pertamina (Persero) Unit IV Cilacap. (Foto: Instagram/@pertamina)

Nicke memutuskan mundur dari Bank Duta, dan kemudian bergabung dengan Mega Eltra, BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan hingga menjadi direktur utama. Setelah dari Mega Eltra, ia ditarik ke PLN sebagai Direktur Pengadaan Strategis I pada tahun 2014.

Pada tahun 2017, ia mulai berkarier di Pertamina sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan dan Infrastruktur. Baru beberapa bulan menjabat, Nicke mendapat kepercayaan menjadi pelaksana tugas Direktur Utama merangkap Direktur Sumber Daya Manusia menyusul dicopotnya 5 direksi Pertamina yang dipimpin direktur utama Elia Massa Manik mengenai kebijakan yang dinilai merugikan sektor minyak dan gas dalam negeri.

Nicke Widyawati pernah penerima penghargaan Women's Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013 dan Anugerah Perempuan Indonesia 2013, Kementerian BUMN, 2013. Wanita berhijab ini penampilannya dinilai modis.

Berikut profil Nicke Widyawati

Nama lengkap : Nicke Widyawati

Profesi: Direktur Utama Pertamina

Tempat, Tanggal Lahir: Tasikmalaya, 25 Desember 1967

Pendidikan :

SMAN 1 Tasikmalaya

S1, Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB), 1991

S2, Hukum Bisnis Univseritas Padjadjaran Bandung (Unpad), 2009

Karir:

Perbankan, Bank Duta, Bandung, 1988

PT Rekayasa Industri (Rekin), 1991

Direktur Utama PT Mega Eltra

Direktur Pengadaan Strategis 1 PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), 2014

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), November 2017

PLT Direktur Utama Pertamina, April 2018

Penghargaan:

Anugerah Perempuan Indonesia 2013, Kementerian BUMN, 2013

Women's Work of Female Grace 2013, Indonesia Asia Institute, 2013. []

Berita terkait
CORE Ungkap Alasan Harga Avtur Pertamina Termurah di Asia
Ekonom CORE, Yusuf Rendy Manilet mengungkapkan harga bahan bakar Avtur yang ditawarkan Pertamina merupakan yang termurah di Asia.
Pertamina Shop di Aceh Barat Hanya Ada BBM Non Subsidi
Tahap awal pembangunan pertashop ini di Indonesia rencananya akan dibangun sebanyak 418 pertashop.
Kuasai Blok Rokan, Pertamina Siap Bor 44 Sumur Bekas Chevron
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berupaya mempercepat transfer data eksplorasi dan eksploitasi lapangan untuk persiapan peralihan dari Chevron.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.