UNTUK INDONESIA
CORE Ungkap Alasan Harga Avtur Pertamina Termurah di Asia
Ekonom CORE, Yusuf Rendy Manilet mengungkapkan harga bahan bakar Avtur yang ditawarkan Pertamina merupakan yang termurah di Asia.
Ekonom CORE, Yusuf Rendy Manilet mengungkapkan harga bahan bakar Avtur yang ditawarkan Pertamina merupakan yang termurah di Asia. (Foto: Tagar/Pinterest/Ilustrasi Avtur).

Jakarta - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE), Yusuf Rendy Manilet mengungkapkan harga bahan bakar Avtur yang ditawarkan Pertamina merupakan salah satu yang termurah di Asia. Namun ini tidak bisa dijadikan standar untuk membandingkan dengan negara lain.

Harga avtur di Indonesia dengan harga avtur di negara lain seperti Singapura tidak berbeda jauh atau sekitar 15 sampai 20 persen.

"Sebenarnya agak kurang pas kalau dikatakan harga avtur di Indonesia bersaing dengan negara lain karena perbandingan harga itu dengan melihat per bandara," ucap Yusuf kepada Tagar, Senin, 19 Oktober 2020.

Yusuf mengambil contoh perbandingan harga avtur di Bandara Soekarno Hatta dengan bandara di Bangkok, Thailand dan Kuala Lumpur, Malaysia. Harga avtur di Bandara Soekarno Hatta mencapai Rp 9.243, angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan di Bangkok yang mencapai Rp 10. 579 dan Kuala Lumpur Rp 10.599.

Menurutnya, betul mungkin jika dibandingkan antara Bandara Soekarno Hatta dengan bandara Kuala Lumpur, akan lebih murah. Namun akan lain ceritanya jika dibandingkan dengan bandara lain khususnya timur Indonesia karena ada tambahan biaya lain seperti misalnya ongkos angkut.

Yusuf menambahkan, harga avtur merupakan salah satu komponen pengukuran harga tiket pesawat. Jadi, selama tidak meratanya atau disparitas harga avtur antara bandara di Indonesia, maka ini juga akan ikut mempengaruhi perbedaan harga tiket pesawat.

Sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pernah mengatakan industri penerbangan sangat tergantung dengan harga avtur. Komponen biaya avtur mendominasi hingga sekitar 40 persen dari struktur biaya operasional maskapai penerbangan. Dengan turunnya harga avtur diharapkan selanjutnya dapat dilakukan penyesuaian harga tarif tiket pesawat.

Menhub menargetkan harga avtur di Indonesia dengan harga avtur di negara lain seperti Singapura tidak berbeda jauh atau sekitar 15 sampai 20 persen. Kemudian, Menhub akan menentukan daerah-daerah yang menjadi tempat dimana harga avtur tidak terlalu tinggi. []

Berita terkait
Menhub Ajak Pertamina Bahas Harga Avtur
Menteri Perhubungan akan melakukan koordinasi dengan Pertamina dan stkaholder lain bahas harga avtur.
Penjelasan Pertamina Terkait Turunnya Penjualan Avtur
Penurunan penjualan avtur terjadi di bulan Juni 2020 lalu. Penurunan ini turun hingga 96 persen.
Penerbangan Rute Sumatera Bergairah, BBM Avtur Naik
PT Pertamina (Persero) Tbk mencatat kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur, khususnya di wilayah Sumatra bagian barat dan utara.
0
Dapat Stimulus Pemerintah, Garuda Akan Turunkan Harga Tiket
Garuda Indonesia akan menyesuaikan harga tiket pesawat seiring kebijakan stimulus subsidi penerbangan tarif Jasa Penumpang Pesawat Udara.