UNTUK INDONESIA
New Normal dan Tuntutan Kreatif Kemas Produk Kuliner
Para pelaku di sektor kuliner harus dapat melakukan terobosan dengan kreatif mengelola produk saat menghadapi era new normal.
Ilustrasi makanan kemasan. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan menyebutkan para pelaku di sektor kuliner harus dapat melakukan terobosan dengan mengedepankan kreativitas dalam mengelola produk saat menghadapi era new normal. Misalnya, mengemas jenis-jenis makanan yang bisa lebih awet meski tanpa pengawet.

Hasta mengatakannya saat diskusi virtual bertajuk "Strategi Jualan Kuliner pada Era New Normal di Wilayah Surakarta dan Sekitarnya. Turut hadir dalam diskusi Wakil Ketua ASITA Jawa Tengah Daryono, dan Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Teguh.

"Kita harus terus berpikir dan mengembangkan bagaimana kreativitas-kreativitas di bidang pengemasan ini menjadi lebih menarik konsumen," kata Hasta melalui keterangan tertulis kemenparekraf, Sabtu 27 Juni 2020.

Digitalisasi merupakan bagian dari era normal baru yang berlaku kepada semua sektor termasuk sektor kuliner.

Dalam diskusi virtual itu, para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk kuliner, didorong untuk dapat cepat beradaptasi di masa normal baru.

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Ardhea Mustika Sari yang ikut juga dalam diskusi itu menambahkan, teknologi berperan penting agar pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak ketinggalan di era new normal.

"Banyak kehidupan yang berubah ke arah digital seperti melakukan teleconference atau virtual meeting dan juga webinar. Ini adalah bukti bahwa digitalisasi merupakan bagian dari era normal baru yang berlaku kepada semua sektor termasuk sektor kuliner yang diharapkan dapat membawa suatu terobosan," ujar Ardhea.

Lebih lanjut, Frans Teguh mengaku Kemenparekraf/Baparekraf sedang menyusun langkah-langkah pemulihan dalam menyambut kondisi normal baru di sektor pariwisata. Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pendampingan pada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pandemi Covid-19 bukan hanya memberikan dampak yang besar kepada sektor pariwisata tetapi juga sektor ekonomi kreatif," ujar Frans Teguh. []

Berita terkait
Tips Mencari Tempat Kuliner Sehat di Masa New Normal
Mencari tempat kuliner di masa new normal sekarang ini tidak boleh sembarangan. Berikut tips yang harus diperhatikan oleh masyarakat.
Ekspor Makanan Olahan Meningkat Saat Pandemi Covid-19
Ekspor untuk produk-produk tertentu, salah satunya makanan olahan, meningkat saat pandemi Covid-19.
Robbie Williams Bedakan Kecanduan Makan dan Narkoba
Penyanyi asal Inggris Robbie Williams mengungkapkan perbedaan, antara kecanduan makanan dengan ketergantungan akan narkoba.
0
Satu Penumpang Garuda Tujuan Sorong Positif Covid-19
Satu penumpang Garuda GA 682 dari Bandar Udara Soekarno Hatta, Jakarta tujuan Bandara DEO Sorong positif Covid-19.