Nasib Sial Maling Kotak Amal saat Dikejar Warga di Magelang

Nasib sial saat dikejar warga dialami maling kotak amal Masjid Baitul Hikmah, Desa Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu, 4 November 2020.
Ilustrasi, seorang pencuri kotak amal salah satu masjid di Kabupaten Magelang diamankan polisi setelah tertangkap warga, Rabu, 4 November 2020. (Foto: Tagar/Getty Images)

Magelang - Nasib sial dialami seorang pencuri kotak amal karena terjatuh dari sepeda motor saat dikejar warga. Usai membobol kotak amal Masjid Baitul Hikmah, Dusun Blanten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, pelaku berhasil diamankan warga dan diserahkan ke polisi.

Aksi pencurian itu berlangsung pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu, 4 November 2020. Pelaku yang kemudian diketahui bernama Yuli Admadi, 43 tahun, merupakan warga Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Kapolsek Dukun, Iptu Suyanto."Jadi saat kejadian, ada seorang warga yang berangkat ke masjid lokasi pencurian. Saat sudah sampai dekat masjid, warga tersebut melihat seseorang berlari keluar dari dalam masjid," tutur Kapolsek Dukun, Iptu Suyanto.

Warga tersebut, lanjut Suyanto, kemudian bergegas masuk masjid dan mengecek kotak amal. Benar saja, kotak amal sudah dalam posisi terbuka, sedangkan uang yang ada di dalam kotak sudah raib.

“Saat itu, warga tersebut langsung mengejar sambil meneriaki maling, sehingga warga lain berhamburan membantu mengejar pelaku," ujar Suyanto.

Teriakan warga itu terdengar oleh banyak warga lainnya hingga terjadilah aksi kejar-kejaran. Sial bagi pencuri, saat dalam kondisi dikejar warga, dirinya terjatuh dari sepeda motor.

"Pelaku kemudian diamankan oleh warga. Kepalanya mengalami luka akibat terjatuh dari sepeda motor, namun sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit," kata Suyanto.

Menurutnya, pencuri kotak amal itu kini telah dibawa ke Mapolsek Dukun berikut barang bukti berupa uang sebanyak Rp 656.500.

"Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara," pungkas Suyanto.[]

Berita terkait
Aksi Nekat Warga Solok Mencuri Kotak Amal di Bukittinggi
Seorang warga Solok nekat mencuri kotak amal sebuah mushalla di Kota Bukittinggi, Rabu, 28 Oktober 2020. Polisi menyelidiki dan mendalami motifnya.
Pelaku Bobol Celengan Masjid di Makassar Terekam CCTV
Pelaku pembobol kotak amal Masjid di kawasan Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar terekam CCTV
Tabrakan di Tikungan Pakis Magelang, Pemotor Tewas di Tempat
Tabrakan antara motor dan mobil di tikungan wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang membuat pemotor tewas di tempat.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.