Aksi Nekat Warga Solok Mencuri Kotak Amal di Bukittinggi

Seorang warga Solok nekat mencuri kotak amal sebuah mushalla di Kota Bukittinggi, Rabu, 28 Oktober 2020. Polisi menyelidiki dan mendalami motifnya.
Kepolisian Sektor Kota Bukittinggi mengamankan seorang warga Solok yang terciduk massa nekat mencuri kotak amal, Rabu 28 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok Polsek)

Bukittinggi - Gelap mata tak punya uang, seorang warga Solok nekat mencuri kotak amal sebuah mushalla di Kota Bukittinggi. Pria pengangguran ini diketahui berinisial JS alias Jon, 45 tahun, asal Kenagarian Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Ditemukan uang senilai Rp 2.557.300 yang diduga hasil uang curian kotak amal.

Lelaki paruh baya itu terpaksa berurusan dengan aparat kepolisian Kota Bukittinggi, usai aksinya kepergok warga membobol kotak amal Mushalla Al Ikhlas di wilayah Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS).

Kapolsek Kota Bukittinggi, AKP Deddy Adriansyah membenarkan peristiwa itu. Pelaku pencurian kini sudah diamankan dan masih menjalani pemeriksaan.

"Pelaku sudah diamankan. Kita masih selidiki dan mendalami motifnya," kata Kapolsek, Kamis, 29 Oktober 2020.

Dijelaskan, insiden pencurian kotak amal tersebut terjadi pada Rabu 28 Oktober 2020, sekira pukul 10.20 WIB. Berawal dari pelaku yang tertangkap tangan oleh warga di sekitar mushalla usai menguras isi kotak amal.

Massa pun kemudian bergegas mengamankan pelaku dan memeriksa tas bawaannya. Alhasil, ditemukan uang senilai Rp 2.557.300 yang diduga hasil uang kontak infak yang telah dibobolnya.

Atas perangainya itu, pelaku bahkan nyaris jadi bulan-bulanan warga. Beruntung massa tidak larut main hakim sendiri dan kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Bukittinggi.

Dijelaskan, pelaku merupakan waga yang tak memiliki pekerjaan dan nekat mencuri. Ulah perbuatannya, JS akan dikenakan pelanggaran hukum pencurian dengan pemberatan atau Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.[]

Berita terkait
Pria di Agam Babak Belur Usai Gagal Curi Kotak Amal
Warga kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam menangkap pria usai mencuri isi kotak amal di masjid dan sempat dihadiahi bogem mentah.
Miliaran, Ini Daftar Kekayaan Erman Safar Cawako Bukittinggi
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengumumkan daftar kekayaan Erman Safar selaku Calon Wali Kota Bukittinggi di Pilkada 2020.
Daftar Kekayaan Calon Bupati Agam, Paling Tajir Rp 47 Miliar
KPK resmi mengumumkan daftar kekayaan para Calon Bupati Agam yang akan bertarung di Pilkada 2020. Harta kandidat terkaya melebihi Rp 47,9 miliar.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.