NasDem: Kedekatan Jokowi dan Luhut Sudah Dibangun Lama

Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan bahwa kedekatan Presiden Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan sudah dibangun sejak lama.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Tagar/Sekretariat Kabinet)

Jakarta – Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan bahwa kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sudah dibangun sejak lama, sehingga keduanya terlihat sangat akrab.

“Mereka punya chemistry yang memang sudah lama kenal secara pribadi, memang dalam positioning harus ada orang yang betul-betul dipercayai. Saya melihatnya memang Presiden dengan Pak Luhut ada chemistry yang membuat Presiden percaya,” ujar Irma Suryani Chaniago saat diwawancarai Tagar TV, Selasa, 13 Juli 2021.

Saat ini, kata Irma, Luhut ditugaskan secara khusus oleh Presiden Jokowi untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 di Sembilan Provinsi. Untuk pekerjaan berat tersebut, Luhut dilibatkan ke dalam komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Namun, lanut Irma, banyak publik yang mencibir Luhut terkait penugasan tersebut karena ia sudah terlalu sering mengambil alih peran penting dalam kabinet pemerintah Jokowi. 


Jika kita mempercayakan sesuatu kepada orang yang kita kenal secara pribadi tentu ada rasa aman dan tenang memberi kepercayaan itu kepada orang tersebut.


Irma Suryani ChaniagoIrma Suryani Chaniago saat diwawancarai Siti Afifiyah di kanal YouTube Tagar TV. (Foto: Tagar/Selfiana)

Kendati begitu, Irma menilai jika kedekatan antara Luhut dan Presiden Jokowi tidak perlu dipermasalahkan jika masih sesuai dengan tupoksinya, asalkan itu bisa dipertanggung jawabkan secara moral dan hukum.

“Sebenarnya hal ini bukan hal yang baru dalam politik, jika kita mempercayakan sesuatu kepada orang yang kita kenal secara pribadi tentu ada rasa aman dan tenang memberi kepercayaan itu kepada orang tersebut,” ujarnya. 

Luhut, kata Irma, dilabeli oleh publik sebagai ‘Menteri segala urusan’ karena menilai Presiden lebih banyak memberikan kepercayaan kepada Luhut. Namun, Irma menilai hal ini hanya sesuai dengan tupoksi dari Luhut yang menjabat sebagai Menko Marves.

“Hanya saja politik kita sedang panas, berita bohong, kemudian radikalisme dan ujaran kebencian yang bertebaran maka kemudian Pak Luhut juga terpancing, untuk menjawab beberapa persoalan. Dan bukan berarti beliau mengambil alih tanggung jawab itu,” ucapnya.

Menurut Irma, Luhut sering menjadi sasaran kemarahan masyarakat dalam isu yang berkaitan dengan China, diantarannya yaitu banyaknya TKA China masuk ke Indonesia. Hingga utang Indonesia dari China ditengarai tak lepas dari peran Luhut sebagai Menteri investasi. 

Irma juga mengatakan bahwa memang saat ini yang mau berinvestasi di Indonesia banyak dari China, tetapi tidak hanya China saja juga ada Jepang, Eropa, Amerika Inggris dan lain sebagainya.

“China tidak hanya berinvestasi ke Indonesia saja tetapi juga mau memberikan technical assistent dan technical noho dan itu hanya China saja diantara negara lain yang berinvestasi di Indonesia,” ujar Irma. 

Ia juga menjelaskan TKA China diperbolehkan karena untuk mengerjakan hal tehnis dan tidak boleh lebih dari 20 persen dari seluruh total tenaga kerja yang dibutuhkan. 

Faktanya, lanjut Irma, banyak masyarakat yang mencibir hal ini karena sentimen masyarakat terhadap orang China terlebih untuk para TKA China, sehingga isu ini sering di framing oleh sebagian orang menjadi informasi yang tidak sesuai dengan fakta.

Berdasarkan fakta China sendiri bukanlah negara pemberi utang terbesar untuk Indonesia, tetapi China adalah negara keempat dengan nominal 21,24 miliar. Negara penyumbang hutang terbesar untuk Indonesia adalah Singapura dengan 68,02 miliar, Amerika Serikat 30,82 miliar, dan Jepang 28,15 miliar. 

(Selfiana)

Berita terkait
Irma Chaniago: Vaksinasi Mandiri Percepat Herd Immunity
Irma menyambut baik adanya kebijakan vaksinasi mandiri dalam rangka percepatan kekebalan komunal (herd immunity).
Irma Suryani: Adakan Vaksinasi Gratis Ketimbang Omong Kosong
Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan stop omong kosong atau banyak bicara lebih baik adakan vaksinasi gratis untuk rakyat.
Irma Suryani Chaniago: Pandu Riono Epidemiolog atau Buzzer?
Irma Suryani Chaniago menanyakan apakah Pandu Riono epidemiolog atau Buzzer tim pilpres. Itu disebabkan karena pernyataannya dinilai tak berisi.
0
NasDem: Kedekatan Jokowi dan Luhut Sudah Dibangun Lama
Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan bahwa kedekatan Presiden Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan sudah dibangun sejak lama.