UNTUK INDONESIA
Napoli Vs Lazio, Tak Lagi Menyesal Pilih Gattuso
Napoli ke semifinal Coppa Italia usai menyingkirkan Lazio. Kemenangan 1-0 ini menghapus kekecewaan Napoli terhadap pelatih Gennaro Gattuso.
Pemain Napoli Lorenzo Insigne merayakan gol yang dicetaknya di pertandingan perempat final Coppa Italia melawan Lazio di Stadion San Paolo, Rabu 22 Januari 2020 dini hari WIB. Napoli menang 1-0 dan lolos ke semifinal. (Foto: sscnapoli.it)

Jakarta - Napoli sukses melaju ke semifinal Coppa Italia setelah menyingkirkan Lazio. Di laga perempat final di Stadion San Paolo, Rabu 22 Januari 2020 dini hari WIB, Napoli menang 1-0 atas Lazio. Kemenangan yang menghapus penyesalan Napoli menunjuk Gennaro Gattuso sebagai pelatih menggantikan Carlo Ancelotti.  

Napoli sempat mengungkapkan penyesalannya memecat Ancelotti dan menggantikannya dengan Gattuso. Bagaimana tidak, saat mantan pelatih AC Milan ini mengambil alih posisi Ancelotti, Napoli justru mengalami krisis. Pergantian pelatih justru mmebuat tim kian terpuruk. Gattuso mencatat empat kekalahan dari lima pertandingan di Serie A Italia. 

Sebaliknya, Ancelotti yang kembali ke Inggris kian nyaman sejak menangani Everton. Meski pencapaian tim belum membaik, namun performa The Toffees mulai memuaskan. Mereka hanya kalah dari tim-tim kuat seperti Manchester City dan Liverpool

Yang penting kami harus bisa mempertahankan performa seperti ini. Tentu ini bukan kemenangan penting pertama kami di musim ini

Hanya kekecewaan Napoli terhadap Gattuso terhapuskan. Performa ciamik yang diperlihatkan The Partenopei di Coppa Italia sepertinya memberi harapan kepada Gattuso. Apalagi, mereka sukses menyingkirkan Lazio yang tengah mencapai performa terbaik musim ini. 

"Lazio memang tim yang bagus dan memiliki fisik yang kuat. Kami memang membuat beberapa kesalahan menjelang akhir pertandingan. Namun kami menunjukkan rasa lapar kami," kata Gattuso seperti dikutip Football Italia

"Yang penting kami harus bisa mempertahankan performa seperti ini. Tentu ini bukan kemenangan penting pertama kami di musim ini," ujarnya.

Gattuso mengakui adanya tekanan yang dihadapi setelah hasil buruk di kompetisi. Namun dirinya optimistis Napoli akan bangkit. 

"Saya tahu ini tidak akan mudah saat saya menerima tawaran (melatih Napoli). Pekerjaan di Naples sangat rumit. Saya juga terkejut dengan penampilan kami saat melawan Fiorentina dan kalah 0-2. Kami sangat malu. Itu hasil yang tak diharapkan," ucapnya. 

Napoli Unggul Cepat di Laga Lawan Lazio

Di pertandingan yang berjalan keras dan ketat, Napoli unggul cepat. Pertandingan baru berjalan dua menit, tuan rumah sudah unggul. Gol mereka dihasilkan Lorenzo Insigne yang menaklukkan kiper Thomas Strakosha dengan sepakan dari sudut sempit. Napoli unggul dalam kurun waktu 90 detik.

Lazio sesungguhnya berpeluang menyamakan kedudukan di menit 10. Mereka mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Elseid Hysaj terhadap striker Felipe Caicedo.

Wasit menunjuk titik putih. Sayangnya, Ciro Immobile gagal menuntaskannya. Sepakan penyerang yang saat ini menjadi top scorer Serie A Italia melambung. 

Setelah melakukan pelanggaran yang membuat tim dihukum penalti, Hysaj mendapat kartu kuning kedua di menit 19. Dirinya pun mendapat kartu merah sehingga Napoli harus bermain dengan 10 orang. 

Buntutnya, Gattusso terpaksa menarik keluar Stanislav Lobotka yang melakukan debut. Dia digantikan Sebastiano Luperto dengan harapan bisa memperkuat pertahanan.

Namun Lazio akhirnya juga kehilangan seorang pemain di menit 25. Gelandang Lucas Leiva mendapatkan kartu kuning karena pelanggaran terhadap Piotr Zielinski. Hanya, dia kemudian mendebat wasit sehingga langsung diberi kartu kuning kedua dan disusul kartu merah.

Saat babak pertama berakhir, kedua tim sama-sama bermain dengan 10 orang. Napoli pun mempertahankan keunggulan itu. 

Di babak kedua, situasi tak berubah. Lazio yang berusaha menyamakan skor gagal melakukannya. Immobile sesungguhnya sempat membobol gawang Napoli yang dikawal David Ospina. Namun golnya dianulir karena dia dalam posisi offside

Napoli pun menang 1-0 untuk lolos ke semifinal. Mereka akan menghadapi pemenang Inter Milan melawan Fiorentina. []

Berita terkait
Napoli Vs Fiorentina, Kalah Gattuso Minta Maaf
Napoli kian terpuruk setelah berganti pelatih. Dalam duel di kandang sendiri, Napoli menelan kekalahan 0-2 dari Fiorentina.
Napoli Vs Inter, Ujian Tak Mudah Antonio Conte
Napoli jadi lawan tak mudah Inter Milan saat laga perdana Serie A Italia di tahun 2020. Inter bermain di kandang Napoli, Selasa dini hari WIB.
Ancelotti Dipecat, Gattuso Jadi Pelatih Napoli
Napoli akhirnya memecat pelatih Carlo Ancelotti usai membawa tim lolos ke 16 Besar Liga Champions. Posisinya digantikan Gennaro Gattuso.
0
Begal Sadis di Makassar Ditembak Polisi
Pelaku begal sadis yang sering melukai korbannya dalam menjalankan aksinya ditangkap Polsek Tamalanrea Makassar dan Tim Pegasus Jeneponto.