UNTUK INDONESIA
Ancelotti Dipecat, Gattuso Jadi Pelatih Napoli
Napoli akhirnya memecat pelatih Carlo Ancelotti usai membawa tim lolos ke 16 Besar Liga Champions. Posisinya digantikan Gennaro Gattuso.
Napoli memecat pelatih Carlo Ancelotti usai membawa tim lolos ke 16 Besar Liga Champions dengan mengalahkan Genk 4-0. Posisinya digantikan Gennaro Gattuso.(Foto: national.ae)

Jakarta - Napoli akhirnya memecat pelatih Carlo Ancelotti. Pemecatan dilakukan hanya beberapa jam setelah Ancelotti meloloskan Napoli ke babak 16 Besar Liga Champions dengan mengalahkan Genk 4-0 di Stadion San Paolo, Rabu 11 Desember 2019 dini hari WIB. Posisinya digantikan Gennaro Gattuso. 

Kemenangan atas Genk dan lolosnya Napoli ke babak knockout menjadi persembahan terakhir Ancelotti. Napoli menduduki peringkat dua Grup E dengan poin 12. Terpaut satu poin dari Liverpool yang tampil sebagai juara grup. 

Diberhentikannya Ancelotti ternyata tidak dilakukan secara mendadak. Presiden sekaligus pemilik klub, Aurelio De Laurentiis sudah melakukan pertemuan dengan Ancelotti. 

Hubungan persahabatan, saling menghormati antara klub, presiden dan Carlo Ancelotti tetap terjalin dengan baik

Pertemuan itu sesungguhnya akan dilakukan pada Rabu waktu setempat atau sehari setelah laga melawan Genk. Namun pertemuan itu kemudian dimajukan beberapa jam sebelum pertandingan tersebut. 

"SSC Napoli telah memutuskan melepas peran pelatih tim pertama Carlo Ancelotti." Demikian pernyataan dari klub. 

"Hubungan persahabatan, saling menghormati antara klub, presiden dan Carlo Ancelotti tetap terjalin dengan baik." Klub melanjutkan pernyataannya. 

Napoli tidak hanya memberhentikan Ancelotti tetapi juga seluruh asistennya. Tak menunggu lama, Rabu 11 Desember 2019 pagi, eks pelatih Real Madrid ini langsung mengosongkan ruang kerjanya di klub. 

Pasalnya, ruangan itu segera ditempati Gattuso yang hampir dipastikan menggantikannya. Peran para staf Ancelotti pun digantikan asisten Gattuso yang sebelumnya mengarsiteki AC Milan

Ancelotti menggantikan Maurizio Sarri pada Juli 2018. Sarri sendiri menerima tawaran menangani Chelsea yang juga pernah dilatih Ancelotti

Di tahun pertamanya, eks gelandang tim nasional Italia dan AC Milan ini sukses membawa Napoli menempati runner up Serie A Italia di bawah Juventus. Di ajang Liga Champions. Napoli hanya mencapai babak 16 Besar. 

Namun di musim ini, Napoli mengalami keterpurukan dan menduduki peringkat tujuh dengan catatan lima kali menang, enam kali imbang dan empat kalah. Mereka tak pernah menang di tujuh pertandingan terakhir Serie A. 

Napoli kemudian ditangani Gattuso yang akan mengubah pola permainan tim. Sebelumnya, Ancelotti memakai skema 4-4-2 di Napoli. Menariknya, dia menggunakan skema tersebut untuk pertama kalinya sejak melatih Parma pada akhir 1990-an.

Di tangan Gattuso, Napoli akan menggunakan skema 4-3-3. Skema itu dinilai lebih cocok diterapkan untuk Napoli. []

Berita terkait
Napoli Vs Bologna, Pelatih Tepis Ribut dengan Pemain
Napoli kalah dari Bologna 1-2 yang memunculkan rumor memburuknya hubungan pelatih Carlo Ancelotti dengan pemain. Ancelotti menepis rumor itu.
Pemain dan Ancelotti Tolak Perintah Presiden Napoli
Konflik Napoli kian panas. Pemain menolak perintah presiden klub untuk dikurung di markas usai hasil imbang melawan Salzburg di Liga Champions.
Napoli Gagal Menang, Ancelotti Tak Kecewa
Napoli gagal menaklukkan tuan rumah Genk setelah bermain imbang 0-0 di pertandingan Liga Champions, Rabu 2 Oktober 2019 malam.
0
Ganja Tumbuh Subur di Gunung Guntur Jawa Barat
Puluhan pohon ganja tumbuh subur di kawasan Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.