MV Agusta Rilis Brutale 1000 Nurburgring, Ini Spesifikasinya

Motor asal Italia MV Agusta baru-baru ini melunculkan motor barunya, yang diberi nama Brutale 1000 Nurburgring. Berikut spesifiknya.
MV Agusta Brutale 1000 Nurburgring. (Foto: Tagar/Instagram/@mvagustamotor)

Jakarta - Motor asal Italia MV Agusta baru-baru ini melunculkan motor barunya, yang diberi nama Brutale 1000 Nurburgring yang sudah resmi dirilis saat ini. Unit terbatas alias limited edition ini hanya dibuat 150 unit saja.

Sesuai dengan namanya, motor ini dibuat dengan edisi spesial untuk memperingati sirkuit legendaris Nurburgring di Jerman yang sangat bersejarah serta terkenal tersebut. Sirkuit Nurburgring memiliki panjang 5,148 km dan digunakan untuk balapan Formula Satu dan Formula Tiga.

Motor ini mengambil basis dari model Brutale1000RR. Dengan memiliki mesin empat silinder segaris 16 vallve dan berkapasitas mesin 998 cc, namun memiliki tenaha yang besar yaitu 208 dk pada 13.000 rpm, dan 212 dk pada 13.800 rpm berkat penggunaan sistem pembuangan baru pada ECU.

Ditambah dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik, menggunakan sokbreker belakang Ohlins TTX EC, Ohlins Nix EC untuk bagian depan serta peredam kemudi Ohlins EC yang dapat ddiatur dengan elektronik.

Motor ini memiliki bobot yang cukup berat yakni 183 KG. Karena motor ini edisi spesial tentunya terdapat perubahan Brutale 1000 Nurburgring ini seperti pelek yang berbahan karbon fiber yang buat oleh BST yang lebih kuat serta ringan, dibekali dengan knalpot dari Arrow, serta diberikan winglet kecil yang dapat meningkatkan ddownforce de depan motor.

Brutale 1000 Nurburgring menggunakan sistem pengereman kaliper Brembo Stylema empat piston radial-mount dengan kombinasi cakram floating 320 mm yang berada didepan, untuk bagian belakangnya menggunakan kaliper 2 piston Brembo yang menjepit cakram 260 mm.

Terdapat juga berbagai firu baru pada MV Agusta 1000 Nurburgring ini diantaranya Bluetooth, Kontrol traksi delapan tingkat serta kontrol torsi empat tingkat, launch control dan kontrol wheelie, krontrol mesin motor dan kontrol jelajah. Fitu-fitu tersebut tentunya bisa digunakan dengan melalui layar 5,5 inci.

Mengenai harga, motor ini di banderol dengan harga mulai dari 39.900 euro atau setara 656 juta dan jangan lupa motor ini dibuat dengan terbatas hanya 150 unit saja diseluruh dunia.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Mengenal Jenis Lampu pada Kendaraan Bermotor
Lampu merupakan salah satu elemen terpenting dari kendaraan bermotor. Berikut ini merupakan jenis-jenis lampu yang beredar dipasaran saat ini.
5 Cara Cegah Stamina Kendor Saat Touring Motor di Libur Panjang
Sebelum tancap gas mengendarai motor, sebaiknya jaga dahulu stamina agar tak kendor ketika touring membelah jalan raya saat momen libur panjang.
Lima Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang.
0
MV Agusta Rilis Brutale 1000 Nurburgring, Ini Spesifikasinya
Motor asal Italia MV Agusta baru-baru ini melunculkan motor barunya, yang diberi nama Brutale 1000 Nurburgring. Berikut spesifiknya.