UNTUK INDONESIA
Muktamar PKB di Bali, Jokowi Ketapel Lebah
Presiden Joko Widodo resmi membuka Muktamar V PKB 2019 di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Selasa, 20 Agustus 2019.
Presiden Joko Widodo di Muktamar V PKB di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali pada Selasa, 20 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Popy Rakhmawaty)

Bali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2019 di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali pada Selasa, 20 Agustus 2019.

Ada yang unik dalam peresmian pembukaan Muktamar V PKB. Terlihat, Jokowi melemparkan ketapel pada gambar sarang lebah di atas panggung. 

Lebah seperti yang termaktub di Alquran adalah hewan yang memberi manfaat.

Mungkin banyak yang mempertanyakan, mengapa Jokowi melakukan itu, padahal biasanya dalam peresmian acara selalu memukul gong atau membunyikan alarm, sebagai tanda acara itu telah dibuka.

Jokowi harus mengarahkan ketapel ke arah sarang lebah, karena hewan penghasil madu itu sebagai tema yang diangkat dalam Muktamar V PKB 2019.

Lebah seperti yang termaktub di Alquran adalah hewan yang memberi manfaat. Bahkan lebah juga bergerombol, solid, menginduk pada pimpinan yang loyal.

Muktamar V PKB di Bali kali ini, tampak semua dekorasi dihiasi dengan ikon lebah. Warna kuning pada ikon lebah itu terlihat mencolok dengan latar warna hijau yang menjadi warna PKB. Para kader PKB juga terlihat menggunakan kaos bergambar seekor lebah.

Sebagai informasi, pembukaan Muktamar V di Bali ini dihadiri oleh Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua Umum PDI-Perjuangan, Ketua Umum Partai Golkar, Ketua Umum Partai Nasdem, Ketua Umum PSI, dan para perwakilan partai lainnya.

Jajaran para Menteri juga terlihat hadir seperti Menteri Perdagangan, Menkumham, Mendagri, Menristek, Menteri PDT, Menpora, Menteri Pertanian, Menkomaritim, Menteri Ketenagakerjaan, dan Ketua KSP.[]

Berita terkait
Muktamar V PKB dan Luka Masa Lalu Gus Dur-Cak Imin
Barikade Gus Dur menilai muktamar PKB mesti menyoroti permasalahan yang belum tuntas yakni pemecatan sepihak Gus Dur sebagai Ketua Dewan Syuro.
Cak Imin Ungkap Kenapa Bali Jadi Lokasi Muktamar V PKB
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar Muktamar V di Ballroom Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali pada Selasa, 20 Agustus 2019.
Agenda Muktamar V PKB di Bali
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Muktamar di Bali pada tanggal 20-22 Agustus 2019, Muktamar ke V ini berlangsung di Nusa Dua, Bali.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.