UNTUK INDONESIA

Modus Baru Pencurian Warung di Kudus, Pura-pura Borong Rokok

Dua pencuri pura-pura borong rokok sebelum bobol warung di Jalan Kudus - Pati, Jekulo. Modus baru pencurian warung di Kudus.
Warung di Kudus dibobol dua pencuri dengan modus pura-pura borong rokok. (Foto: Tagar/Jurnalpantura.id)

Kudus - Modus baru pencurian terjadi di Kudus. Sebuah warung di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, dibobol dua maling yang pura-pura hendak memborong rokok. Alhasil, pemilik warung kehilangan seluruh rokok dagangannya senilai Rp 1 juta. 

Kejadian pencurian itu berlangsung pada Jumat, 8 Januari 2021 sekitar pukul 11.00 WIB. Dua pelaku menggasak rokok milik Ambar, 47 tahun, pemilik warung di Jalan Kudus - Pati, wilayah Desa Terban, Jekulo.

"Informasinya, siang itu ada dua orang berboncengan naik motor mampir ke warung beli rokok," ungkap Solikhatun, 38 tahun, pemilik warung sebelah.

Pas balik, Bu Ambar tidak menemukan dua orang itu di warungnya. Dia dibuat kaget karena semua rokok di lemari warungnya dikuras habis oleh pelaku.

Awalnya kedua pencuri itu ngopi di warung korban. Di sela-sela menyeruput kopi, mereka mulai beraksi dengan berpura-pura membeli rokok merek tertentu dengan jumlah yang cukup banyak.

"Dua orang itu bilang butuh rokok merek tertentu. Mintanya tujuh bungkus. Pas itu, Bu Ambar hanya punya tiga bungkus," kata dia.

Karena rokok yang diminta kurang, kedua pria itu membujuk korban untuk membelikan empat bungkus rokok di tempat lain. Keduanya meyakinkan akan jaga warung dan menunggu korban membelikan rokok.

Bujukan itu diikuti korban dan ia pergi meninggalkan warung. Tempat usahanya dibiarkan kosong tanpa ada yang jaga. "Bu Ambar pergi beli rokok. Warungnya kosong tidak ada yang jaga. Di warung itu, hanya ada dua orang pelaku," ujarnya. 

Ternyata semua itu hanya akal-akalan dua pelaku. Mengetahui korban pergi dan warung sepi, mereka beraksi. Lemari tempat penyimpanan rokok dicongkel. Seluruh rokok di dalamnya diangkut dan dibawa pergi. 

"Pas balik, Bu Ambar tidak menemukan dua orang itu di warungnya. Dia dibuat kaget karena semua rokok di lemari warungnya dikuras habis oleh pelaku. Gembok di lemari itu juga ditemukan rusak bekas tercongkel," katanya.

Baca juga: 

Atas kejadian ini, Solikhatun memprediksi korban mengalami kerugian hingga Rp 1 juta. Mengingat banyaknya rokok yang digasak pencuri.

Di singgung upaya pelaporan pencurian yang dialami korban ke kepolisian, Solikhatun mengaku tidak tahu perihal itu. "Kurang tahu ya soal itu, sepertinya tidak. Pasca kejadian saya belum bertemu lagi dengan Bu Ambar. Ini sudah dua hari warungnya tutup," tutup dia. []

Berita terkait
Pemuda di Takalar Curi Senjata Demi Beli Chip 'Scatter'
Seorang pemuda di Kabupaten Takalar nekat mencuri senapan angin, demi bermain game online.
Alasan Sepasang Kekasih di Aceh Nekat Mencuri
Sepasang kekasih di Aceh Utara ditangkap Satreskrim Polres Lhokseumawe karena nekat mencuri
Ponsel Satpam Perumahan di Bantul Dicuri saat Tertidur
Seorang satpam perumahan di Banguntapan, Bantul, Yogyakarta kehilangan ponsel saat masih tertidur. Pencuri melakukan aksinya pada pagi hari.
0
Modus Baru Pencurian Warung di Kudus, Pura-pura Borong Rokok
Dua pencuri pura-pura borong rokok sebelum bobol warung di Jalan Kudus - Pati, Jekulo. Modus baru pencurian warung di Kudus.