UNTUK INDONESIA
Mobil Presiden Sudah Diserahkan ke Istana
Pihak Mercedes-Benz Indonesia telah menyerahkan mobil Mercedes-Benz S600 Guard model terbaru kepada pihak istana kepresidenan.
Mercedes-Benz S600 Guard. (Foto: Carbuzz)

Jakarta - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDIna) menyatakan telah menyerahkan mobil Mercedes-Benz S600 Guard model terbaru kepada pihak istana kepresidenan. Mobil tersebut nantinya akan menjadi kendaraan dinas Presiden Republik Indonesia.

"Sudah kami serahkan ke istana kepresidenan pada akhir Desember 2019. Driver sudah di-training, sekarang tinggal registrasi dan pengecekan oleh paspampres," kata Deputy Director Sales Operations & Product Management PT MBDIna, Kariyanto Hardjosoemarto di Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Kariyanto mengatakan telah mengirimkan dua unit Mercedes-Benz S600 Guard, yang rencananya akan digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

"Kami kirimkan dua unit sesuai pesanan. Untuk penggunaannya kita kurang tahu karena itu akan diatur lebih lanjut oleh pihak kepresidenan. Kemungkinan untuk Presiden dan wakilnya," ujarnya.

Terkait perawatan mobil tersebut, pihak Mercedes-Benz telah menyiapkan tim khusus yang sudah dilakukan pelatihan dalam menangani mobil kepresidenan ini.

"Pada dasarnya itu (perawatan mobil) akan di-handle oleh tim after sales kami, karena yang bisa mengerti teknis kendaraan dan sebagainya, sudah mendapat pelatihan khusus juga, karena itu adalah certified technician dari pihak kami. Mengenai pelaksanaannya itu diatur oleh pihak Setneg," ujar Kariyanto.

Mercedes-Benz S600 Guard Mercedes-Benz S600 Guard (Foto: Autocar)

Antipeluru

Mercedes-Benz S600 Guard merupakan kendaraan yang memiliki sistem proteksi dan keamanan tinggi. Mobil ini dilengkap dengan kaca polikarbonat tebal yang mampu menahan serangan peluru kaliber 7,62mm dan juga memiliki sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan dari berbagai arah, termasuk dari bagian bawah mobil yang sudah ditambahkan pelat khusus.

Urusan mesin, mobil ini dibekali mesin V12 berkapasitas 6000cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 530tk dan torsi maksimal 830Nm, dengan kecepatan maksimal 210km/jam. Untuk sisi kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan suspensi udara Airmatic, Anti Slip Regulation (ASR) dan Electronic Stability Program (ESP).

Sedan mewah ini sudah mendapatkan sertifikat VR 10, yakni sertifikat untuk kendaraan non-militer yang memiliki tingkat perlindungan tertinggi. Bodi mobil berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7 dan menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470 yang mampu berjalan dalam keadaan kempis sejauh 60 kilometer. []

Berita terkait
Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Baru Jokowi Antipeluru
Mercedes-Benz S600 Guard ini menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.
Mercedes-Benz Jokowi Segera Tiba dari Jerman
Mercedes-Benz Indonesia mengonfirmasi Mercedes Maybach S600 Guard yang akan menjadi kendaraan dinas Presiden Jokowi akan segera tiba di Indonesia.
Mercedes-Benz Tetap Nomor Satu Pasar Mobil Mewah
Mercedes-Benz berhasil mempertahankan peringkat pertama penjualan dalam pasar mobil mewah Indonesia yang sudah disandangnya sejak 2016.
0
PA 212: Pengkritik Anies Baswedan Sudah Hilang Akal
Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menilai pengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoal masalah banjir, sudah hilang akal sehat.