UNTUK INDONESIA
Mercedes-Benz Tetap Nomor Satu Pasar Mobil Mewah
Mercedes-Benz berhasil mempertahankan peringkat pertama penjualan dalam pasar mobil mewah Indonesia yang sudah disandangnya sejak 2016.
Mercedes-Benz C-Class menjadi kendaraan dengan penjualan tertinggi di Mercedes-Benz yakni sebesar 29 persen pangsa penjualan. (Foto: Mercedes-Benz)

Jakarta - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia berhasil membukukan penjualan untuk kelas mobil penumpang dan van sebanyak 3.344 unit pada 2019. Dengan capaian tersebut, Mercedes-Benz berhasil mempertahankan peringkat pertama penjualan dalam pasar mobil mewah Indonesia yang sudah disandangnya sejak 2016.

President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun mengatakan, total penjualan pada 2019 merupakan hasil permintaan konsumen yang kuat terhadap kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia. Meskipun pada tahun lalu, pasar otomotif Indonesia sedang mengalami penurunan sekitar 12 persen.

"Tahun 2019 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri otomotif Indonesia. Dengan memperkenalkan berbagai model-model terbaru tahun ini dan memperluas layanan Best Customer Experience, kami bermaksud untuk meningkatkan penjualan unit kami serta mempersiapkan daya saing jangka panjang," ucap Choi dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Jumat, 17 Desember 2019.

Tidak hanya itu, tahun 2019, Mercedes-Benz berhasil mencatatkan penjualan secara global sebanyak 2.339.562 unit. Angka tersebut merupakan volume penjualan tertinggi Mercedes-Benz dalam sejarah perusahaan. 

Tiga model yang menyumbang peningkatan pasar tersebut yakni model C-Class dengan pangsa penjualan 29 persen, kemudian GLC dengan 19 persen dan The New A-Class, The New B-Class serta The New CLA dengan kontribusi penjualan sebesar 18 persen.

Pada 2019, Mercedes-Benz mencatatkan beberapa model kendaraannya yang mengalami peningkatan permintaan, di antaranya, Compact Cars meningkat 6 persen, C-Class meningkat 3 persen, dan GLC SUVs yang meningkat 12 persen. 

Tak hanya itu, model V-Class, Vito dan Sprinter juga meningkat 118 unit atau sekitar 31 persen. Kemudian Kendaraan SUV, termasuk GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS dan G-Class menjadi kendaraan Mercedes-Benz terlaris di tahun 2019 dengan permintaan sebesar 31 persen.

Deputy Director Sales Operations and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardosoemarto merasa senang melihat sebagian besar pelanggan memutuskan untuk membeli kendaraan baru Mercedes-Benz.

"Hal tersebut membuat kami tetap berada pada posisi di depan kompetitor kami untuk segmen mobil mewah. Keberhasilan kami tahun lalu mencerminkan kesuksesan atas strategi ofensif model kami seperti Compact Cars dan SUV kami yang telah menarik perhatian pelanggan baru maupun lama," ujar Kariyanto.

Pada tahun 2020 ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia juga turut menghadirkan dua model barunya yang datang dari dua kelas yang berbeda. Pada kelas sedan Mercedes-Benz menghadirkan The New C180, sementara dari kelas van hadir Mercedes-Benz The New Vito. []

Berita terkait
Mobil Otonom Mercedes-Benz Meluncur di CES 2020
Mobil otonom garapan Mercedes-Benz meluncur di ajang CES 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin, 6 Januari 2020.
Harga Mercedes-Benz GLC Rakitan Bogor Lebih Murah
Harga kedua mobil Mercy rakitan lokal ini lebih murah Rp 10 juta dari model sejenisnya yang diproduksi di luar negeri.
Mercedes-Benz Jokowi Segera Tiba dari Jerman
Mercedes-Benz Indonesia mengonfirmasi Mercedes Maybach S600 Guard yang akan menjadi kendaraan dinas Presiden Jokowi akan segera tiba di Indonesia.
0
SNMPTN Unsyiah Aceh Ditutup Malam Nanti
Pendaftaran dan finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan ditutup pada hari ini.