UNTUK INDONESIA
Mobil Hongqi L5 Asal China Siap Saingi Rolls-Royce
Pabrik mobil asal China, Hongqi, baru saja memperkenalkan sedan premium bergaya retro L5. Mobil ini diprediksi bakal menyaingi Rolls-Royce.
Hongqi L5 bakal menyaingi mobil keluaran produsen Inggris, Rolls-Royce. (Foto: carscoops.com

Jakarta - Pabrik mobil asal China, Hongqi, baru saja memperkenalkan sedan premium bergaya retro L5 yang telah mengalami beberapa perubahan dari keluaran terdahulunya. Seri terbaru yang dibuat lebih ramping dan eksotis, membuat produk ini disebut-sebut bakal menyaingi mobil keluaran produsen Inggris, Rolls-Royce.

Bagian depan Hongqi L5 baru masih terlihat sama dengan model yang ada saat ini, yakni dengan lampu depan berbentuk bundar, grill krom tebal, dan lambang bendera merah di kap mobil.

Perubahan baru ada pada bagian samping yang mengadopsi bentuk gaya Rolls-Royce dengan garis atap yang perlahan turun ke decklid belakang.

Diberitakan laman CARSCOOPS, Senin, 16 Desember 2019, Tampilan belakang Hongqi L5 sama seperti Rolls Ghost dan Phantom. Mobil ini juga telah memiliki pintu belakang, dengan satu set lampu belakang besar tegak, serta pemangkasan krom tepat di atas cut-out plat nomor, dan dua pipa knalpot kecil.

Pada sisi interior Hongqi L5 terpasang roda kemudi retro. Namun anehnya, pengubahan desain justru membuang instrumen tradisional di belakang kemudi. Layar infotainment terletak di tengah dashboard, tepat di bawah layar terdapat sepasang ventilasi udara dan layar sentuh kedua yang tampaknya menampung semua AC dan kontrol pemanas.

Hongqi L5 baru akan disematkan mesin V12 6.0-liter bertenaga 408 HP dan torsi 405 lb-ft (550 Nm), kemudian dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan yang menghidupkan keempat roda.

Hongqi L5Hongqi L5 bakal menyaingi mobil keluaran produsen Inggris, Rolls-Royce. (Foto: carscoops.com

Seri Hongqi L5 pertama kali diluncurkan di gelaran Shanghai Auto Show pada tahun 2013 lalu. Mobil yang saat itu dibandrol harga senilai US$ 800 ribu ini sempat menjadi kendaraan resmi pemerintah China.

Bahkan, mobil ini pernah digunakan oleh pemimpin Partai Komunis China Xi Jinping yang saat ini menjadi presiden di negeri tirai bambu tersebut.

Baca juga: Alasan 547 Ribu Ford Super Duty Ditarik dari Pasaran

Pada tahun 2016, Hongqi mengumumkan peluncuran L5 versi V8, yang ditenagai mesin V8 twin-turbo 4.0 liter dan mampu menghasilkan 381 tenaga kuda dengan kecepatan delapan otomatis.

Setahun berikutnya, seri lanjutan versi V8 yang dikenal dengan sebutan The CA7400 dirilis. []

Berita terkait
Ford v Ferrari, Film Kisah Nyata 2 Raksasa Otomotif
Film mengenai dua raksasa otomotif, Ford v Ferrari diprediksi bakal berhasil meraup keuntungan kotor sebesar US$ 20 Juta di masa awal penayangan.
Henry Ford, si Anak Petani Jadi Bos Mobil Terkenal
Pendiri Ford Motor Company, Henry Ford berulang tahun tepat hari ini, Selasa, 30 Juli 2019.
Spek Motor Royal Enfield, Sang Pembelah Gunung Himalaya
Royal Enfield tipe INT Interceptor 650 dan Continental GT 650 berhasil membelah gunung Himalaya.
0
Kronologi Legislator Jeneponto Sulsel Dibacok Parang
Begini kronologi legislator asal Kabupaten Jeneponto dibacok hingga terluka parah.