Miris! Penulis Film Penyalin Cahaya Terjerat Kasus Pelecehan

Dijadwalkan tayang pada 13 Januari 2022 di Netflix, film Penyalin Cahaya kini tengah diterpa kabar yang kurang baik pada salah satu penulisnya.
Cuplikan dari film Penyalin Cahaya. (Foto: Tagar/Instagram/@penyalincahaya)

Jakarta – Dijadwalkan tayang pada 13 Januari 2022 di Netflix, film Penyalin Cahaya kini tengah diterpa kabar yang kurang baik. Pasalnya, salah satu kru penulis dari skenario film ini diduga pernah melakukan pelecehan seksual.

Penulis naskah ini adalah Henricus Pria yang juga sempat menerima salah satu penghargaan sebagai Penulis Skenario Asli Terbaik pada Piala Citra FFI di tahun 2021. Dengan banyaknya prestasi yang dicatatkan oleh film Penyalin Cahaya, tak sedikit masyarakat yang menyorot permasalahan ini.

Banyak yang menyayangkan kejadian ini terjadi padahal Penyalin Cahaya sendiri merupakan film yang membahas tentang isu kekerasan sosial yang sering terjadi di masyarakat saat ini. Kasus pelecehan Henricus ini secara langsung ikut mencoreng film Penyalin Cahaya.

Tak sedikit masyarakat yang meminta penarikan 12 Piala Citra FFI yang sempat film Penyalin Cahaya terima karena dianggap tidak pantas atas piala tersebut. Namun, tak sedikit juga yang meluruskan bahwa tak semua kru ikut bersalah. Penarikan penghargaan yang diberikan kepada Henricus Pria dinilai sudah sangat cukup.

Sementara itu, naiknya isu ini juga ditanggapi secara cepat oleh Rekata Studio dan Kaninga Pictures dengan menghapus nama Henricus Pria dari daftar credit film. Pencoretan nama ini dianggap sebagai salah satu langkah serius dalam menghadapi isu pelecehan seksual yang dilakukan Henricus.

“Kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film ‘Penyalin Cahaya’ dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya,” tulis Rekata Studio dan Kaninga Pictures dalam pernyataan resminya pada Senin, 10 Januari 2021.

Menanggapi informasi yang beredar, rumah produksi ingin bergerak cepat dalam memberantas kasus pelecehan seksual yang terjadi di sekitarnya. Karena bagaimanapun juga, film Penyalin Cahaya sendiri bergerak dalam memberikan ruang aman bagi para korban kekerasan maupun pelecehan seksual.

Rumah produksi sendiri mendapatkan informasi pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu bagian dari timnya di masa lalu melalui suatu komunitas yang mengelola laporan terkait kasus pelecehan seksual di Indonesia.

Langkah yang diambil oleh rumah produksi dari film Penyalin Cahaya mendapatkan apresiasi yang cukup baik karena rumah produksi dianggap cukup tanggap dalam menanggapi isu ini. Namun, tetap banyak masyarakat yang menyayangkan adanya pelecehan seksual di dalam internal film Penyalin Cahaya.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Sinopsis Film Scream, Tayang Perdana Januari 2022
Scream merupakan film jagal meta Amerika Serikat yang akan tayang perdana pada Januari tahun 2022 bercerita tentang horor yang menyeramkan.
Sinopsis Film Paranoia yang Tayang di Korea Selatan
ejumlah aktor Tanah Air beradu akting dengan apik dan sangat memukau dalam film thriller garapan Riri Riza dan Mira Lesmana yang berjudul Paranoia.
Sinopsis Film Horor Bangsal 13, Aksi Balas Dendam
Film berjudul Bangsal 13 bercerita tentang dua orang sahabat bernama Natasha (Endhita Wibisona) dan Mina (Luna Maya). Berikut sinopsisnya.
0
Miris! Penulis Film Penyalin Cahaya Terjerat Kasus Pelecehan
Dijadwalkan tayang pada 13 Januari 2022 di Netflix, film Penyalin Cahaya kini tengah diterpa kabar yang kurang baik pada salah satu penulisnya.