UNTUK INDONESIA
Miliaran Akun Palsu dan Terorisme Dihapus Facebook
Sebanyak 2,2 miliar akun palsu pada kuartal pertama 2019, dan 26 juta konten terorisme dalam dua tahun terakhir dihapus oleh Facebook.
Dan Neary Wakil Presiden Facebook wilayah Asia Pasifik dalam acara Facebook APAC Press Day di Singapura, Senin (9/12/2019). (Foto: Antara/Yogi Rachman)

Jakarta - Sebanyak 2,2 miliar akun palsu pada kuartal pertama 2019, dan 26 juta konten terorisme dalam dua tahun terakhir dihapus oleh Facebook.

Demikain diungkapkan Dan Neary selaku Wakil Presiden Facebook wilayah Asia Pasifik dalam acara Facebook APAC Press Day di Singapura, Senin, 9 Desember 2019, dikutip dari Antara.

"Kami memiliki tim yang terdiri dari 35.000 orang yang bekerja pada isu-isu tersebut," ujarnya.

 Facebook juga mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI) dan mesin pembelajaran yang mampu melakukan tinjauan terhadap akun-akun palsu dan konten terkait terorisme dengan akurasi 98 persen.

Neary juga mengatakan ke depannya Facebook akan terus memperluas jangkauan pengawasan, terutama untuk menyasar konten-konten yang mengandung ujaran kebencian.

Facebook juga bekerja sama dengan pihak ketiga independen di lebih dari 60 negara dengan mencakup lebih dari 40 bahasa untuk menjangkau konten yang berpotensi mengandung informasi kurang tepat.

"Kami juga bekerja sama dengan lembaga pengecekan fakta pihak ketiga di kawasan Asia-Pasifik, berharap konten pada platform tersebut dapat tetap otentik dan kredibel," katanya.

Dia menuturkan Facebook telah berusaha untuk membantu menjaga integritas dalam setiap pemilahan umum di beberapa negara agar dapat berlangsung secara demokratis.

"Tahun ini, tujuh pemilihan umum diadakan di wilayah Asia-Pasifik. Kami sebelumnya telah memblokir dan menghapus sejumlah besar akun palsu dan menjadikan sumber iklan politik pada platform lebih transparan," ujar Neary. []

Berita terkait
Transfer Foto dari Facebook ke Google Photos
Facebook akan merilis fitur anyar yang memungkinkan penggunanya mentransfer foto langsung ke Google Photos.
Singapura Minta Facebook Koreksi Unggahan Pengguna
Singapura meminta Facebook mengoreksi sebuah unggan di platform media sosial tsb setelah pengguna menolak permintaan Singapura
Facebook Hapus 3,2 Miliar Akun Palsu
Perusahaan jejaring sosial Facebook Inc menghapus 3,2 miliar akun palsu antara April hingga September 2019
0
Polda Sumbar Periksa 9 Saksi Kasus Alfian Tanjung
Polda Sumatera Barat telah memeriksa sembilan orang saksi dalam kasus dugaan penghinaan kepada pemerintah yang dilakukan ustaz Alfian Tanjung.