UNTUK INDONESIA
Mercedes-Benz Pamerkan Sedan Rakitan Lokal Pertama
Mercedes-Benz memajang mobil sedan pertama rakitan Indonesia, yakni Mercedes-Benz W115 di Museum Nasional, Jakarta.
Mercedes-Benz memajang mobil sedan pertama rakitan Indonesia, yaitu Mercedes-Benz W115 di Museum Nasional, Jakarta. (Foto: Antara/Arindra Meodia)

Jakarta - Mercedes-Benz memajang mobil sedan pertama rakitan Indonesia, yakni Mercedes-Benz W115 di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu, 8 Februari 2020. Hal tersebut bersamaan dengan perayaan 50 tahun kehadiran Mercedes-Benz di Indonesia.

Mercedes-Benz W115 pertama kali diperkenalkan pada 1968, dengan menggendong mesin 4 silinder. Mobil sedan tersebut diproduksi dari tahun 1968 sampai 1976 dengan jumlah produksi sebanyak 1,9 juta unit.

Dikutip dari Antara, Senin, 10 Februari 2020, Manager Public Relations Department Mercedes-Benz Indonesia Dennis Kadaruskan, mengatakan Mercedes-Benz W115 dengan varian mesin 200, 280 dan 240D merupakan sedan pertama yang diproduksi di Indonesia.

"Pada tahun 1973 Mercedes-Benz mulai merakit kendaraan penumpang, maka tipe sedan itu adalah salah satu contohnya, produk Mercedez-Benz pertama yang dirakit di Indonesia," kata Dennis di Jakarta.

Mercedes-Benz W115 Stroke/8, di Indonesia mendapatkan julukan sebagai "Mercedes Mini." Sementara di Jerman, sedan julukan Stroke/8 atau Strich Acht dikenal dengan sebutan "New Generation Models."

Mercedes-Benz Stroke/8 memiliki dua pilihan mesin, yakni bensin dan diesel. Body styling untuk model ini terdiri dari Sedan, Coupe dan Long-wheelbase. Mobil ini menerapkan sistem suspensi double-wishbone pada bagian depan dan semi-trailing pada bagian belakang.

Stroke/8 juga merupakan kendaraan penumpang pertama di dunia yang menggunakan mesin diesel dengan konfigurasi 5 silinder.

Dalam pamerannya, Mercedes-Benz tidak hanya menampilkan sedan W115, tetapi ada juga angkutan penumpang legendaris Mercedes-Benz 0306 yang digunakan Damri dan kendaraan niaga Mercedes-Benz L911 yang dikenal dengan sebutan "Bagong."

Dennis mengatakan hingga saat ini, Mercedes-Benz sudah merakit enam varian kendaraan penumpang yang terdiri dari tiga sedan dan tiga APV. Beberapa model dari kedua segmen kendaraan itu adalah C-Class, E-Class, S-Class untuk sedan dan GLC, GLE, GLS, untuk tipe APV. Ia mengaku bahwa semua kendaraan tersebut merupakan rakitan lokal.

"Marcedes-Benz Indonesia mempunyai pabrik di Wanaherang (Bogor), itu menunjukkan komitmen kami bagi Indonesia, dan juga memberikan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Pabrik tersebut tentunya didukung dengan teknologi canggih, dengan sedan yang memiliki fitur-fitur keselamatan tertinggi di industri, ini adalah komitmen kami," ujar Dennis. []

Berita terkait
Mercedes-Benz Pertama di Dunia di Museum Nasional
Replika Mercedes-Benz pertama di dunia, yaitu Benz Patent-Motorwagen dipamerkan Museum Nasional selama sepekan. Setelahnya menjadi koleksi museum.
Mobil Presiden Sudah Diserahkan ke Istana
Pihak Mercedes-Benz Indonesia telah menyerahkan mobil Mercedes-Benz S600 Guard model terbaru kepada pihak istana kepresidenan.
Mercedes-Benz Terbaru Rakitan Bogor Mengaspal 2020
PT Mercedes-Benz Indonesia segera meluncurkan dua model SUV terbarunya, yakni New Mercedes-Benz GLC dan GLE.
0
Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Sleman Tersangka
Polda DIY menetapkan satu tersangka musibah susur sungai Sempor. Tersangka itu tak lain pembina Pramuka sekaligus guru SMPN 1 Turi.