UNTUK INDONESIA
Mercedes-Benz Pertama di Dunia di Museum Nasional
Replika Mercedes-Benz pertama di dunia, yaitu Benz Patent-Motorwagen dipamerkan Museum Nasional selama sepekan. Setelahnya menjadi koleksi museum.
Mercedes-Benz Serahkan Replika Mobil Benz Patent-Motorwagen Pertamanya Ke Museum Nasional Indonesia. (Foto: Mercedes-Benz)

Jakarta - Mercedes-Benz menyerahkan replika mobil pertamanya di dunia, yakni Benz Patent-Motorwagen kepada Museum Nasional Indonesia. Replika tersebut akan dipajang dari tanggal 8 hingga 15 Februari 2020 dalam pameran sementara bertajuk "Perjalanan Menuju 50 Tahun Kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia". 

Setelah pameran, Benz Patent-Motorwagen akan menjadi koleksi Museum Nasional Indonesia.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun, mengatakan penyerahan replika ini sebagai bentuk peran penting Mercedes-Benz dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz.

"Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya untuk mengedukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya. Oleh karena itu, kami bangga untuk merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upaya dalam bidang pendidikan dan budaya transportasi," kata pria yang kerap disapa DJ, dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Sabtu, 8 Februari 2020.

Benz Patent-Motorwagen memiliki mesin berkapasitas 954cc satu silinder empat langkah, yang juga dilengkapi dengan beberapa fitur utama yang ditemukan di sebagian besar mesin pembakaran internal seperti kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan pendingin air. Konfigurasi tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 0,55 kW pada 400/menit.

Fitur khas lainnya adalah bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser dengan gagang, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram cam, pelatuk klep, pushrod dan menggunakan sistem pelumas tetes.

Benz dirancang menggunakan roda yang sangat besar, yang terpasang secara horizontal pada sasis. Hal tersebut dilakukan karena menghindari efek giroskopik jika dipasang secara vertikal, serta dapat menggangu kemudi dan stabilitas kendaraan.

Selain itu, Benz juga memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 4,5 liter dan menggunakan karburator penguapan sebagai tempat meproses campuran bahan bakar dengan udara. []

Berita terkait
Mercedes-Benz Terbaru Rakitan Bogor Mengaspal 2020
PT Mercedes-Benz Indonesia segera meluncurkan dua model SUV terbarunya, yakni New Mercedes-Benz GLC dan GLE.
Mercedes-Benz Tetap Nomor Satu Pasar Mobil Mewah
Mercedes-Benz berhasil mempertahankan peringkat pertama penjualan dalam pasar mobil mewah Indonesia yang sudah disandangnya sejak 2016.
Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Baru Jokowi Antipeluru
Mercedes-Benz S600 Guard ini menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.