5 Mobil Ini Punya Biaya Perawatan yang Menguras Kantong

Daftar ini dihitung dalam kurun waktu 10 tahun untuk berbagai perawatan mobil, mulai dari perawatan biasa, tune-up, sampai dengan reparasi.
BMW 328i. (Foto: Tagar/Car and Driver)

Jakarta - Banyak orang bilang bahwa membeli mobil itu jangan hanya memikirnya harga belinya saja, tetapi juga ongkos perawatannya. Saat ini terdapat banyak model mobil yang yang biaya perawatannya cukup menguras kantong.

Belum lama ini situs keuangan GO Banking Rates merinci ongkos perawatan mobil yang paling mahal. Rincian tersebut dihitung dalam kurun waktu 10 tahun untuk berbagai perawatan mobil, mulai dari perawatan biasa, tune-up, sampai dengan reparasi. Berikut adalah 10 mobil dengan biaya perawatan termahal, dikutip Tagar, Senin, 2 November 2020.

1. Chrysler Sebring

Chrysler Sebring pertama kali diluncurkan dalam model hardtop. Mobil ini diproduksi untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan mobil convertible sedang yang terjangkau. Namun setelah dirilis, Chrysler Sebring  memiliki biaya perawatan yang sangat mahal, bahkan melebihi mobil mewah lainnya.

chrysler sebringChrysler Sebring. (Foto: Tagar/Autoblog)

Chrysler Sebring memiliki biaya perawatan 10 tahun sebesar 17.100 dolar AS atau sekitar Rp 250 juta. Dengan biaya perawatan tersebut, Chrysler Sebring diberhentikan produksinya pada 2010. Hingga kini mobil garapan pabrikan otomotif asal Amerika Serikat ini masih diklaim sebagai mobil dengan biaya perawatan termahal di dunia.

2. BMW 328i

BMW 328iBMW 328i. (Foto: Tagar/Car and Driver)

Biaya perawatan 10 tahun untuk BMW 328i mencapai 15.600 dolar AS atau sekitar Rp 227 juta. Dengan ongkos perawatan segitu, BMW 328i dinobatkan sebagai mobil BMW dengan perawatan termahal.

BMW 3 Series sudah melegenda sejak tahun 1970-an. BMW 328i awalnya dirilis untuk menggantikan coupe tahun 2002.

3. Nissan Murano

Nissan MuranoNissan Murano. (Foto: Tagar/Autoblog)

Nissan Murano pertama kali diluncurkan pada tahun 2003. Biaya perawatan 10 tahun untuk mobil ini mencapai 14.700 dolar AS atau sekitar Rp 214 juta. Meski Murano punya ongkos perawatan yang mahal, namun mobil ini masih menjadi mobil Nissan yang paling laris.

4. Mercedes-Benz E350

Mercedes-Benz E350 memiliki ongkos perawatan 10 tahun sebesar 14.700 dolar AS atau sekitar Rp 214 juta. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada 1994 dan menjadi sedan mewah berperforma tinggi.

Mercedes-Benz E350Mercedes-Benz E350. (Foto: Tagar/Autoweek)

Meski mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat, namun siapa sangka Mercedes-Benz E350 memiliki ongkos perawatan lebih mahal dibandingkan mobil Mercy lainnya.

5. Chevrolet Cobalt

Chevrolet Cobalt merupakan sebuah mobil compact kelas mengengah ke atas. Tidak hanya memiliki harga yang mahal, biaya perawatan mobil ini juga cukup mahal. Biaya perawatan 10 tahun Chevrolet Cobalt mencapai 14.500 dolar AS atau sekitar Rp 211 juta.

Chevrolet CobaltChevrolet Cobalt. (Foto: Tagar/MotorTrend)

Biaya perawatan tersebut hampir dua kali lipat lebih mahal dibanding rata-rata mobil Chevrolet lainnya.[]

Berita terkait
Mercedes-Benz Tetap Nomor Satu Pasar Mobil Mewah
Mercedes-Benz berhasil mempertahankan peringkat pertama penjualan dalam pasar mobil mewah Indonesia yang sudah disandangnya sejak 2016.
Nissan GT-R Bakal Pakai Mesin Hybrid
Nantinya mesin hybrid yang disematkan pada Nissan GT-R akan menggunakan sistem penggerak dengan teknologi kinetic energy recovery.
Hyundai Motor Laku Jualan Mobil Mewah Genesis 380.000 Unit
Pabrikan mobil Korea Selatan, Hyundai Motor telah menjual lebih dari 380.000 unit brand premium, Genesis di pasar luar negeri.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan