UNTUK INDONESIA
Merawat Kesehatan Rambut dengan Air Beras
Air Beras memiliki banyak kegunaan, selain untuk mempercantik wajah, air tajin juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan rambut.
Rambut kusut. (Foto: pixabay/RyanMcGuire)

Jakarta - Perawatan rambut memakai bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, kemiri, dan minyak jarak, sudah dilakukan sejak lama, bahkan ribuan tahun silam. Seiring berjalannya waktu, bahan-bahan alami lain bermunculan dan diyakini dapat membantu perawatan sekaligus pertumbuhan rambut. Misalnya, air beras.

Mengutip laman Purewow, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Dermatologi Mount Sinai, Joshua Zeicher, mengatakan air beras telah digunakan untuk perawatan rambut selama puluhan tahun oleh budaya Timur.

Bahkan ada sebuah desa di Huang Luo, Cina, yang mendapat julukan sebagai Tanah Rapinzels lantaran wanita di daerah tersebut mempunyai rambut sepanjang enam kaki. Rahasianya tak lain karena air beras.

Sayangnya, Zeichner mengungkapkan bahwa belum ada penelitian maupun data ilmiah yang menunjukkan air beras dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Meski demikian, kata Zeichner, dapat menjaga rambut tetap sehat.

Hal ini lantaran air beras mengandung banyak komponen. Salah satunya, kaya akan pati yang bermanfaat melapisi permukaan rambut guna menambah kekuatan dan kelembapan serta menghidrasi kulit kepala.

Selain kandungan pati, air beras juga mengandung inositol atau komponen inti. Inisitol merupakan karbohidrat yang berfungsi memperbaiki serta melindungi rambut. Ada pula asam amino yang bekerja mempertebal rambut, memperkuat akar rambut, juga menjaga kehalusan dan kilau rambut.

Tak sampai di situ, air beras juga mengandung vitamin A dan E serta mineral yang membantu memperbaiki tekstur rambut seklaigus menjaga kesehatan rambut. Bahan-bahan ini juga bermanfaat mengurangi dan memperbaiki ujung rambut yang bercabang, menghilangkan ketombe dan kutu, serta dapat menjadi pengganti kondisioner.

Cara mengaplikasikan air beras sangat mudah dan terdapat dua cara untuk menggunakannya. Pertama, cukup merendam rambut dalam air bekas cucian beras selama 15 hingga 20 menit setiap seminggu sekali.

Baca juga: Jokowi Mau Potong Rambut Model Undercut

Cara kedua adalah memasukkan air bekas cucian beras ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke rambut hingga merata dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah selesai, cuci rambut memakai sampo hingga bersih.

Berita terkait
Rambut Baru Via Vallen Mirip Gaya Lisa Blackpink
gaya rambut baru Via Vallen disebut-sebut warganet mirip Lisa Blackpink.
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
0
BNNP DIY Musnahkan Sabu-sabu Kurir Aceh 2,1 Kg
BNNP DIY memusnahkan sabu-sabu 2,1 Kg dari dua tersangka warga Aceh di Yogyakarta.