UNTUK INDONESIA
Menu Coto Sampeang Gratis Bagi Berpuasa Syawal
Pemilik warung coto di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggatiskan makanannya bagi yang berpuasa Syawal.
Suasana Warung Coto Sampeang ramai pengunjung yang sedang berbuka puasa Syawal. (Foto: Afrilian Cahaya Putri/Tagar)

Gowa - Pemilik warung coto di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggatiskan makanannya bagi yang berpuasa Syawal. Mereka makan Coto Sampeang tidak dipungut bayaran.

Pemilik warung Kamaruddin Daeng Kulle mengatakan untuk menggratiskan makan coto di tempatnya terinspirasi dari warung makan duafa.

"Ada dulu itu namanya warung duafa. Nah, saya terinspirasi juga dari situ. Insya Allah ini juga jadi warung pertama khususnya di Gowa yang memberikan menu buka puasa gratis bagi yang puasa Syawal," kata Kamaruddin di sela-sela melayani pelanggan, Kamis, 20 Juni 2019.

Tujuan Kamaruddin menggatiskan makan coto di warungnya semata-mata mengharap rida dari Allah SWT. Niat menggratiskan makanan ini telah berdiskusi dengan istri dan anaknya.

Insya Allah, kami tidak takut rugi

"Pertama, kami niat karena Allah. Alasan kedua, karena kita baru saja berpuasa Ramadan. Ada hadis sahih mengatakan, setelah kita puasa Ramadan ditambah dengan puasa Syawal pahalanya seperti orang puasa satu tahun. Karena itu, saya bermusyawarah dengan ibunya anak-anak dan Alhamdulillah mereka setuju," jelas Kamaruddin.

Meskipun gratis, dia mengaku tidak rugi walaupun berlangsung selama satu bulan. Bahkan sebaliknya malah usaha cotonya itu menghasilkan rupiah yang kian meningkat.

"Insya Allah, kami tidak takut rugi bahkan dalam satu minggu ini Alhamdulillah saya hitung-hitung penghasilan kami bahkan meningkat," ujarnya.

"Saya percaya barang siapa bersedekah atau semacam itulah Allah akan melipatgandakan pahala dan tidak akan rugi. Insya Allah inilah harta kami yang akan kami bawa ke akhirat," jelasnya.

Pengunjung yang makan coto gratis bernama Sulkifli ini berharap dagangan milik Kamaruddin makin berkah dan laris.

"Saya sering ke sini, tapi dengar ada coto gratis buat yang puasa Syawal, saya bersyukur bisa makan gratis. Alhamdulillah, akhirnya kesampean, dan rasanya juga beda, lebih nikmat. Semoga Coto Sampeang makin laris dan mendapat berkah," tutur Sulkifli.

Baca juga: 

Berita terkait
0
Kenali Gejala dan Cara Pencegahan TBC
Kebanyak orang belum mengenal bagaimana tuberkulosis atau TBC bisa menyerang tubuh, berikut gejala dan cara pencegahannya.