UNTUK INDONESIA

Menu Buka Puasa Hari Pertama Selasa 13 April 2021: Olahan Ayam Khas Meksiko

Sudah punya rencana memasak apa untuk buka puasa hari pertama, Selasa, 13 April 2021? Bagaimana kalau mencoba resep Chicken Fajitas khas Meksiko.
Ilustrasi - Chicken Fajitas, olahan ayam khas Meksiko dengan cita rasa lezat dan segar, cocok buat buka puasa hari pertama, Selasa, 13 September 2021. (Foto: Tagar/Instagram @mezcalkitchenjc)

Jakarta - Bulan Ramadan bisa menjadi momen untuk mengasah bakat terpendam, yaitu memasak, bagi yang terlalu sibuk hingga tak punya waktu ke dapur. Atau memang tidak punya minat dengan dapur, memasak menjadi sesuatu yang menantang. Bagaimana kalau memasak ayam dengan cara berbeda, Chicken Fajitas, hidangan Meksiko yang lezat bisa dibuat hanya dalam lima langkah sederhana.

Fajitas adalah hidangan Meksiko klasik yang dibuat dengan ayam, paprika, dan bawang berwarna-warni dan pedas. Ini segar, lezat dan dikemas dengan rasa. Kata "fajita" berarti "sabuk kecil" dan mengacu pada steak rok, karena secara tradisional dibuat dengan steak, tapi kemudian bisa dibuat dengan berbagai jenis daging seperti ayam dan domba.

Fajitas sangat mudah dibuat dan rasanya sangat nikmat. Dengan panasnya paprika yang berapi-api dan ayam yang lezat dipadukan dengan perasan air jeruk nipis segar, membuat hidangan yang sempurna untuk menu buka puasa hari pertama Ramadan 2021.

Berikut lima langkah mudah mengolah ayah dengan cara Meksiko, resep Chicken Fajitas, untuk menu buka puasa hari pertama, Selasa 13 April 2021. 


Langkah 1


Resep Chicken FajitasIlustrasi - bahan-bahan untuk membuat Chicken Fajitas, di antaranya daging ayam, paprika, bawang bombai. (Foto: Tagar/Instagram @mdeplois)


Campur 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 siung bawang putih cincang, 1 sendok teh bubuk jinten, 1 sendok teh garam, 2 sendok teh bubuk cabai dalam mangkuk untuk mengasinkan ayam. Gosok campuran yang sudah disiapkan ini pada 500 gram paha ayam tanpa kulit dan tanpa tulang dengan banyak di kedua sisi.


Langkah 2


Resep Chicken FajitasIlustrasi - Paprika merah berapi-api menghasilkan cita rasa khas dalam Chicken Fajitas. (Foto: Tagar/Instagram @foodbyrachela)


Biarkan ayam direndam selama 30-60 menit. Ambil wajan besi cor dan panaskan sedikit minyak zaitun di dalamnya. Masukkan potongan ayam yang sudah dibumbui ke dalam minyak dan masak selama sekitar 6-8 menit di setiap sisi.


Langkah 3


Resep Chicken FajitasIlustrasi - Rahasia lezat Chicken Fajitas terletak pada daging ayam yang keemasan hangus. (Foto: Tagar/Instagram @gottagrill)


Masak ayam sampai tekstur keemasan, hangus. Setelah matang, keluarkan potongan ayam dan tutupi dengan kertas aluminium dan diamkan selama 5-7 menit untuk mempertahankan panas.


Langkah 4


Resep Chicken FajitasIlustrasi - Rahasia segar Chicken Fajitas adalah pada paprika dan bawang bombai. (Foto: Tagar/Instagram @kjn_dinspiration)


Ambil 1 buah bawang bombai ukuran sedang, potong tipis-tipis. Potong 3 paprika (merah, kuning dan hijau) menjadi irisan tipis. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan goreng bawang bombai dan paprika selama 1-2 menit. Bumbui dengan garam dan merica. Masak sampai empuk.


Langkah 5


Resep Chicken FajitasIlustrasi - Chicken Fajitas yang lezat dan segar, cocok buat buka puasa hari pertama Ramadan 2021. (Foto: Tagar/Instagram @lafogatawellington)


Tambahkan potongan ayam kembali ke dalam wajan dan peras air jeruk nipis di atasnya. Aduk rata dengan bawang bombai dan paprika. Iris ayam menjadi irisan tipis dan taburi dengan daun ketumbar cincang di atasnya. Siap disajikan.

Selamat berbuka puasa dalam Ramadan berkah 2021.

Baca juga tulisan-tulisan dalam Fokus Puasa dan Lebaran 2021





Berita terkait
Cara Mengecek Jadwal Imsakiah Puasa Ramadan Tahun 2021
Diprediksi NU - Muhammadiyah akan kompak dengan hari pertama puasa 2021 adalah tanggal 13 April. Begini cara mengecek jadwal imsakiah Ramadan 2021.
Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah pada Bulan Puasa Ramadan 2021
Sebentar lagi Ramadan, zakat fitrah berapa harus dibayar, fidyah berapa harus dibayar, berikut ini besaran zakat fitrah dan fidyah Ramadan 2021.
Olahan Serba Kentang, Simpel Buat Sahur Pertama Ramadan 2021
Seminggu lagi masuk bulan puasa Ramadan 2021. Untuk penyemangat, ini tiga resep olahan kentang, simpel buat inspirasi hidangan sahur hari pertama.
0
Menu Buka Puasa Hari Pertama Selasa 13 April 2021: Olahan Ayam Khas Meksiko
Sudah punya rencana memasak apa untuk buka puasa hari pertama, Selasa, 13 April 2021? Bagaimana kalau mencoba resep Chicken Fajitas khas Meksiko.