Menteri Ideal Jokowi Menurut Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo akrab disapa Bamsoet menguraikan ciri-ciri menteri ideal yang tepat membantu Jokowi-Ma'ruf dalam pemerintahan 2019-2024.
Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram/Bambang Soesatyo)

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo akrab disapa Bamsoet mengatakan formasi menteri kabinet baru ideal yang sedang dirancang Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) harus sesuai tujuan negara.

"Pasti mengacu pada program prioritas yang tertuang dalam Visi Indonesia," kata Bamsoet melalui pesan singkat kepada Tagar, Minggu, 18 Agustus 2019.

Sebagai pemimpin DPR, Bamsoet mendorong partai politik pendukung pemerintah untuk mengacu pada Visi Indonesia dalam menyiapkan figur calon menteri.

"Semua Parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin tentu saja boleh mengajukan calon menteri. Namun, semua orang, termasuk semua kekuatan politik, harus menghormati hak prerogatif presiden," ucapnya.

Semua orang, termasuk semua kekuatan politik, harus menghormati hak prerogatif presiden.

Menurutnya, dalam membentuk formasi kabinet yang ideal perlu merealisasikan program prioritas yang ditetapkan Presiden terpilih.

"Presiden terpilih Jokowi telah mengumumkan sekaligus menawarkan kepada rakyat Indonesia sejumlah program prioritas yang akan direalisasikan sepanjang periode masa bakti 2019-2024," tutur Bamsoet.

Politikus Partai Golkar ini mengungkapkan bahwa Jokowi telah mencatat semua program prioritas dalam Visi Indonesia.

Bamsoet mengatakan, bersama wakil presiden (terpilih) KH Ma'ruf Amin, Visi Indonesia itu menetapkan lima tahapan besar yang akan direalisasikan untuk menjadikan Indonesia lebih produktif dan kompetitif, dengan fleksibilitas yang tinggi agar mampu merespons perubahan.

"Maka, lima tahun ke depan, pemerintah masih akan melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, meningkatkan efektivitas pengelolaan anggaran atau APBN serta bekerja lebih sungguh-sungguh dalam menarik investasi," katanya.

Bamsoet mengatakan, Presiden Jokowi juga menegaskan perhatian yang lebih besar akan diberikan pada pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). [] 

Berita terkait
Kementerian Agama Jadi Rebutan PPP dan PKB?
Benarkah terjadi sikut-sikutan, persaingan antara PPP dan PKB memperebutkan pos Kementerian Agama dalam kabinet Jokowi jilid dua?
Pidato Jokowi di Parlemen untuk Calon Menteri?
Ada makna tersirat iuntuk calon menteri dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi yang disampaikan saat Sidang Bersama DPD dan DPR.
Waktu Tepat Jokowi Umumkan Nama-nama Menteri Jilid 2
Pengamat politik Ujang Komarudin meminta agar Presiden Jokowi segera mengungkap siapa saja calon menteri dalam pemerintahannya kelak.
0
Mengenal Sukanto Tanoto, Tuan Tanah di Ibu Kota Baru
Sukanto Tanoto disebut tuan tanah di wilayah yang akan dijadikan sebagai ibu kota baru di Kalimantan Timur.