UNTUK INDONESIA

Menteri ATR/BPN Resmikan Kantor Perwakilan di Bogor

Kantor perwakilan Kementerian ATR/BPN di Kabupaten Bogor diresmikan pada Rabu, 17 Februari 2021.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil (Foto:Tagar/atrbpn.go.id)

Jakarta - Kantor perwakilan Kementerian ATR/BPN di Kabupaten Bogor diresmikan pada Rabu, 17 Februari 2021. Peresmian tersebut, kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil, dalam rangka percepatan pelayanan pertanahan.

Sofyan menyebut bahwa sasaran dari Kementerian ATR/BPN saat ini adalah memperbaiki pelayanan pertanahan. Di Kabupaten Bogor sendiri, dengan jumlah penduduk yang cukup padat, tentunya masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat. Terutama dalam menangani masalah pendaftaran tanah, konflik, ataupun sengketa tanah.

Sudah banyak yang kita perbaiki bersama, sudah jauh lebih baik BPN dari masa yang lalu. Kami memperkenalkan istilah simpel BPN Lebih Baik

"Sudah banyak yang kita perbaiki bersama, sudah jauh lebih baik BPN dari masa yang lalu. Kami memperkenalkan istilah simpel BPN Lebih Baik. Di Bogor ini dengan enam juta penduduk, satu kantor, kemudian aktivitas ekonomi, mungkin Bogor ini adalah satu yang paling cepat pertumbuhan ekonominya," kata Sofyan.

"Kadang-kadang pemerintah daerah kewalahan. Jadi beberapa upaya kita perbaiki, yang pertama internal BPN, pelayanan lebih baik, kita lakukan PTSL. Kalau seluruh tanah sudah terdaftar, maka konflik atau sengketa di masyarakat akan berkurang," sambungnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin menyebut bahwa Pemda Bogor akan memfasilitasi Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor lainnya di Bogor Barat, tepatnya di Kecamatan Cigudeg.

"Yang sudah siap di Timur, menyusul di Barat di Cigudeg ada 14 kecamatan yang harus jadi perhatian tersendiri karena banyak tanah-tanah bermasalah. Masyarakat juga cukup padat. Dari 40 kecamatan wajar kita buka kantor perwakilan yang baru," jelasnya. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Kementerian ATR/BPN Jalankan Program Reforma Agraria
Reforma Agraria adalah prioritas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pemilikan, pengelolaan dan pemanfaatan tanah.
Sertipikat Elektronik Kementerian ATR/BPN Program Sejak 2019
Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto menyebut bahwa peluncuran sertipikat elektronik merupakan program sejak tahun 2019.
Kementerian ATR/BPN Terus Galakkan Kebijakan Digitalisasi
Transformasi digital menjadi salah satu visi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).
0
Anisa Rahman Klarifikasi Nikah Siri Nissa Sabyan dan Ayus
Mantan personel grup musik gambus Sabyan yaitu Anisa Rahman memberi klarifikasi soal nikah siri antara Nissa Sabyan dan Ayus Sabyan.