UNTUK INDONESIA
Menteri Agama Gelar Sidang Isbat Lebaran Hari Jumat
Kapan tepatnya hari pertama Lebaran 2020 akan ditentukan dalam sidang isbat dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi, Jumat 22 Mei 2020.
Petugas Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama Sulawesi Utara mengamati hilal ramadhan 1441 H di Manado, Sulawesi Utara, Kamis, 23 April 2020). (foto: Antara/Adwit B Pramono/aww).

Jakarta Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1441 Hijriyah, penentuan hari pertama Lebaran, pada Jumat, 22 Mei 2020. Menteri Agama Fachrul Razi yang akan memimpin sidang isbat tersebut. 

Menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19, sidang isbat akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama. 

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim, dalam website Setkab.go.id, Minggu, 17 Mei 2020.

Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag.

Menteri Agama Fachrul RaziMenteri Agama Fachrul Razi. (Foto: Instagram fachrulrazi_official)

Ia menjelaskan sidang Isbat akan digelar secara virtual yang akan melibatkan para tokoh agama dengan panduan dari video conference.

“Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,” ucap Agus.

Agus menejalskan tahapan-tahapan dalam sidang isbat yang dilakukan sebagaimana pada awal penentuan Ramadan. Ia menyatakan, sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, dengan pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama Fachrul Razi dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” ujar Agus. []

Baca juga:

Berita terkait
Beda Puasa Ramadan di Indonesia dan Korea Selatan
Artis media sosial Ayana Moon, membeberkan perbedaan suasana antara menjalankan ibadah puasa Ramadan di Indonesia dan Korea Selatan.
Mengintip Proses Pembuatan Lemang Ramadan Khas Aceh
Lemang adalah salah satu kuliner khas Aceh saat bulan Ramadan. Kuliner ini terbuat dari beras ketan atau ubi.
Tata Cara Jalani Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 bukan halangan untuk menjalani Ramadan dengan menyenangkan. Ini cara beradaptasi dengan situasi tanpa kehilangan makna esensial.
0
Jokowi ke Dokter IDI: Tetaplah Menjadi Penjaga Harapan
Presiden Joko Widodo menyebut perjuangan dan peranan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tidak hanya sebatas pada memadukan segenap potensi dokter.