UNTUK INDONESIA
Menteri Agama Fachrul Razi Bakal Larang Pemakaian Cadar
Menteri Agama Fachrul Razi berencana untuk melarang pengguna cadar masuk ke instansi pemerintah.
Wanita bercadar sedang membeli takjil di jalan Teungku Pulo Dibaroh, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh menjelang berbuka puasa. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi berencana untuk melarang pengguna cadar masuk ke instansi pemerintah. Dia berkaca pada penusukan yang dialami eks
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto tempo lalu.

"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab, tapi melarang untuk masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan. Apalagi kejadian Pak Wiranto yang lalu," kata Fachrul dalam Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

Kita ingin memberikan kejelasan itu (cadar) bulan ukuran tingginya iman dan takwa seseorang.

Meski masih dalam kajian, tetapi Fachrul menyebut aturan itu sangat mungkin direkomendasikannya ke Kementrian Agama atas dasar alasan keamanan. 

Fachrul menjelaskan jika saat ini semakin banyak masyarakat menganggap pengguna cadar sebagai indikator keimanan. Sementara, lanjut dia, banyak pengguna cadar memandang orang yang tak berpakaian seperti mereka memiliki tingkat ketakwaan lemah.

"Kita ingin memberikan kejelasan itu (cadar) bulan ukuran tingginya iman dan takwa seseorang," ujarnya.

Menteri Agama ke-2 yang berlatar belakang militer ini menurutkan penggunaan cadar datau niqab hanya budaya beberapa suku di Arab Saudi yang sudah mulai ditinggalkan. Namun, berbanding terbalik dengan orang Indonesia yang malah menggunakannya.

Baginya, dalam aturan ke-Islaman tidak ada batasan yang jelas terkait kewajiban memakai cadar. "Niqab itu tidak ada ayatnya yang menganjurkan memakai niqab, tapi juga tidak ada yang melarang, tapi kita ingin menggarisbawahi bahwa pemakain niqab itu tidak ada kaitannya dengan kualitas keimanan atau ibadah seseorang," kata dia.

Berita terkait
Harta Kekayaan Menag Fachrul Razi Tembus Rp 22 Miliar
achrul Razi menjabat Menteri Agama periode 2019-2024. Total harta kekayaan eks Panglima TNI itu tembus Rp 22 miliar lebih.
Penusuk Wiranto Nakal dan Pendiam Setelah Bercadar
Syahril Alamsyah dan Fitria Diana adalah pasangan suami istri yang menyerang Menko Polhukam Wiranto.
NU Tak Mengundang Menag Fachrul Razi Peringatan HSN
Pengurus Wilayah NU Jatim tidak akan mengundang Fachrul Razi di puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada Minggu 28 Oktober 2019 nanti.
0
Pertamina Sulap Lapang Bola Jadi RS Darurat Covid-19
Pertamina menyulap bekas lapangan sepak bola seluas 22.700 meter persegi di Simprug, Senayan, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat Covid-19.