UNTUK INDONESIA

Mensos: Pemerintah Mulai Salurkan Bansos 4 Januari 2021

Menteri Sosial Tri Rismaharini menargetkan, mulai 4 Januari Bansos akan disalurkan ke masyarakat.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (foto: Tagar/YouTube Sekretariat Negara).

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menargetkan, mulai 4 Januari 2021 pemerintah akan menyalurkan kembali berbagai macam Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat penerima manfaat.

"Kami dengan PT Pos akan menyalurkannya kurang lebih mulai 4 Januari 2021, kita berharap satu minggu itu bisa selesai di seluruh Indonesia," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Tagar, Minggu, 3 Januari 2021.

Berbagai Bansos yang mulai disalurkan, antara lain Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Sosial Tunai (BST), hingga Program Keluarga Harapan (PKH).

Kami dengan PT Pos akan menyalurkannya kurang lebih mulai 4 Januari 2021.

Risma menjelaskan, bantuan Sembako yang senilai Rp 200.000 tersebut akan disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021 dan diberikan kepada 18,8 juta penerima.

Namun, khusus wilayah Jabodetabek yang semula menerima bantuan Sembako, mulai 2021 akan diganti dengan bantuan langsung tunai.

“Untuk program bantuan sosial tunai, setiap penerima akan mendapatkan uang sebesar Rp 300.000 yang diberikan selama empat bulan, mulai dari Januari hingga April 2021. Bantuan ini diberikan kepada 10 juta penerima dan disalurkan melalui PT Pos,” jelas Risma.

Selain itu, Risma juga menjelaskan, untuk bantuan PKH akan diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat. Bantuan PKH tersebut diberikan setiap tiga bulan sekali selama satu tahun, antara lain pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

Bantuan PKH akan disalurkan melalui himpunan bank-bank milik negara (himbara). Bantuan ini menyasar sejumlah kelompok, seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak sekolah, penyandang disabilitas, anak usia dini, hingga lanjut usia.

Risma berharap, Bansos tersebut dapat digunakan sebaik mungkin oleh masyarakat. Selain itu, dengan adanya percepatan penyaluran bantuan diharapkan dapat membantu mendorong bangkitnya ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. [] (Amalia Amriati Fajri)

Berita terkait
Kendala Penyaluran Bansos Tahap IV Provinsi Jabar
Kendala lain dalam penyaluran bansos tahap IV Provinsi Jawa Barat adalah waktu penyaluran yang singkat.
Salurkan Bansos Rp 110 Triliun, Jokowi: Jangan Sampai ada Potongan
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan dana Bantuan Sosial (Bansos) senilai Rp 110 triliun. Ini peruntukannya.
Mendagri Usulkan Adanya Sinkronisasi Skema Pemberian Bansos
Mendagri Tito Karnavian, mengusulkan adanya sinkronisasi dalam skema pemberian bansos agar bisa lebih tepat sasaran.
0
Mensos: Pemerintah Mulai Salurkan Bansos 4 Januari 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini menargetkan, mulai 4 Januari Bansos akan disalurkan ke masyarakat.