Menristekdikti: Mahasiswa Hormati Hasil Pemilu 2019

Menristekdikti Mohamad Nasir mendorong mahasiswa untuk menghormati hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. (Foto: Dok. Kemenristekdikti)

Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong mahasiswa untuk menghormati hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang telah diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa 21 Mei 2019. 

Menteri Nasir meminta, mahasiswa dan perguruan tinggi tidak mudah terprovokasi kelompok- kelompok tertentu. Dengan melakukan tindakan yang tidak sesuai koridor konstitusi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Nasir dalam acara Dialog Menristekdikti dengan Mahasiswa Kelompok Cipayung Plus tentang Dinamika Pemilu di Gedung D Kemenristekdikti, Senin 20 Mei 2019.

"Serahkan semuanya pada KPU. Mahasiswa melakukan aktivitas di dalam kampus akan lebih baik, karena ini prosedur hukumnya sudah berjalan dengan baik, jadi semua diserahkan pada hukum yang dalam hal ini sudah sesuai dengan amanah konstitusi," ucapnya. 

"Oleh karena itu, saya berharap jangan sampai di Pemilu akhirnya ada yang tersakiti di antara kita. Di dalam pemilu menang dan kalah itu hal biasa. Bagi yang menang, tidak jumawa sebagai pemenang. Yang kalah jangan merasa rendah diri. Mari kita bangun Indonesia ke depan untuk menjadi lebih baik," imbuhnya.

Mahasiswa dapat mengawasi pemilu dengan cara, melaporkan dugaan kecurangan Pemilu 2019 kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kalau memang terjadi kecurangan, silakan melalui prosedur hukum yang ada, yaitu dilaporkan kepada Bawaslu dan apabila Bawaslu tidak puas, silakan naik ke Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Konstitusi yang akan menentukan mana yang benar, mana yang salah," ungkap Menteri Nasir.

Dalam kesempatan yang sama Kelompok Cipayung Plus, diwakili Ketua Umum PP GMKI Corneles Galanjinjinay mengungkapkan, para ketua dan seluruh anggota Kelompok Cipayung Plus sepakat tidak melakukan unjuk rasa, Rabu 22 Mei 2019.

"Kami tegaskan kami sudah konsolidasikan di bawah, mahasiswa tidak akan demo pada 22 Mei. Kita dengan tegas menyatakan bahwa mekanisme demokrasi sudah berjalan. Rakyat sudah menentukan siapa presiden, siapa pemimpin kita," ucapnya. 

"Penyelenggara sudah bekerja begitu profesional sehingga itu yang kita kawal ke depan. Sampai 22 Mei, mahasiswa ada di belakang penyelenggara, KPU, Bawaslu, dan DKPP. Itu sudah kita lakukan, kita sudah audiensi ke KPU, diterima langsung Pak Arief Budiman selaku Ketua. Ke Bawaslu juga sudah kita datangi, dan ke DKPP. Semua penyelenggara sudah kita datangi," sambungnya Ketua Umum PP GMKI Corneles Galanjinjinay itu.

Berikut pernyataan sikap Kelompok Cipayung Plus (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI serta IMM, Hikmahbudhi, KMHDI) pada Senin, 20 Mei 2019 di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta:

  1. Kami mahasiswa Indonesia -yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI- mengapresiasi Pemilihan Umum, baik Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) yang diselenggarakan tanggal 17 April 2019, telah berjalan lancar sesuai Amanah Konstitusi berdasarkan asas Jurdil dan Luber. Karena itu, kami mengimbau seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Partai Politik, untuk menerima hasilnya.
  2. Kami mahasiswa Indonesia -yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI- mengapresiasi KPU, Bawaslu, dan seluruh perangkatnya yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan profesional.
  3. Kami mahasiswa Indonesia -yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI- mengimbau kepada seluruh Partai Politik, sebagai kontestan pemilu, dan pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, agar dengan berbesar hati menerima hasil pemilu beserta perhitungannya. Apabila ada sengketa dan perselisihan, sebagai akibat adanya dugaan kecurangan, maka kami mengimbau agar diselesaikan melalui mekanisme yang sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
  4. Kami mahasiswa Indonesia -yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI- mengimbau kepada seluruh elemen Bangsa Indonesia agar selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
Berita terkait