Menkumham Instruksikan Usut Kebakaran Lapas Tangerang

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan akan melakukan investigasi dengan aparat guna mengusut penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Foto: dok. Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Kemenkumham)

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan akan melakukan investigasi dengan aparat guna mengusut penyebab kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang yang terjadi pada Rabu, dini hari.

Hingga saat ini data yang diterimanya, sebanyak 41 orang meninggal dunia. Salah satu korban napi terorisme. Yasonna mengungkankan, pihaknya juga pihaknya akan melakukan strategi agar kejadian kebakaran tidak terulang kembali.

"Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu pembunuhan, sementara lainnya narkoba. Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Nigeria," kata Yasonna kepada awak media, Rabu, 8 September 2021.

"Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki sebab-sebab kebakaran dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi," katanya.


aya meninjau ke sini segera setelah menyelesaikan rapat yang sudah teragendakan jauh hari sebelumnya. Tapi, saat rapat pun saya terus memantau perkembangan yang terjadi.


Yasonna pun mengucapkan dukacita atas korban meninggal dunia akibat kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Saat ini dia menginstruksikan jajarannya untuk fokus pada evakuasi dan pemulihan warga binaan yang menjadi korban kebakaran.

"Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini. Saya sudah menginstruksikan jajaran untuk secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka. Ini musibah yang memprihatikan bagi kita semua," ujarnya.

"Saya meninjau ke sini segera setelah menyelesaikan rapat yang sudah teragendakan jauh hari sebelumnya. Tapi, saat rapat pun saya terus memantau perkembangan yang terjadi," katanya.

Baca Juga:

Berita terkait
Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar, 41 Napi Tewas
Kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek atau korsleting listrik.
KPK Segera Jebloskan Koruptor Bansos ke Lapas Penjara
li Fikri mengatakan terpidana korupsi bansos eks Menteri Sosisal Juliari Batubara segera dieksekusi ke lembaga permasyarakatan.
ICW Minta Menkumham Pindahkan Setnov Ke Lapas Nusakambangan
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana meminta Menhumkam untuk memindahkan Setya Novanto (Setnov) ke Lapas Nusakambangan.
0
Menkumham Instruksikan Usut Kebakaran Lapas Tangerang
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan akan melakukan investigasi dengan aparat guna mengusut penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang