UNTUK INDONESIA
Menkominfo Sebut Perangi Corona Pakai Informasi Positif
Menkominfo Johnny G Plate mengajak menumbuhkan pandangan positif di tengah lingkungan demi perangi corona.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020 (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan semakin banyaknya info dan berita bohong perlu diantisipasi di tengah masyarakat. Dia mengimbau mencari informasi yang dibutuhkan melalui media massa bukan melalui pesan singkat.

Menyebarluaskan konten negatif, menebar pesimisme, bullying hanya menyedot dan menghabiskan energi secara mubazir.

Johnny mengatakan melawan virus corona dapat dilakukan dengan menumbuhkan pandangan positif di tengah lingkungan bukan memperkeruh suasana dengan bullying melalui sosial media.

"Memang seharusnya energi bangsa kita digunakan untuk memperkuat agar segenap masyarakat secara bersama sama dengan pemerintah mengatasi masalah pandemi virus Covid 19. Menyebarluaskan konten negatif, menebar pesimisme, bullying hanya menyedot dan menghabiskan energi secara mubazir," kata Johhny kepada Tagar, Senin, 30 Maret 2020.

Johnny berharap masyarakat dapat memaksimalkan teknologi dengan baik. "Saatnya kita gunakan energi positif bangsa untuk membangun soliditas dalam melawan dan memberantas wabah pandemi virus Covid-19 dalam waktu yang tidak lama," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluruskan informasi yang telah beredar di masyarakat terkait lockdown sejumlah daerah di Indonesia. Menurut Erick informasi tersebut merupakan berita bohong atau hoaks. "Ini hoaks," ucap Erick kepada wartawan, Senin, 30 Maret 2020.

Sejumlah informasi terkait virus corona berseliweran lewat pesan singkat di WhatsApp Group, atau media sosial. Terakhir, beredar broadcast pihak Istana menyatakan lockdown dan akan memberikan sanksi kepada Kepala Daerah yang membuat aturan sendiri.

Isi pesan melalui aplikasi WhatsApp tersebut mengatasnamakan pihak dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Pesan yang sudah beredar ke masyarakat mulai diterima publik kemarin, Minggu, 29 Maret 2020. []

Berita terkait
Jokowi: Progres RS Corona Pulau Galang Sudah 92%
Presiden Jokowi melalui Kementerian PUPR terus menyelesaikan pembangunan RS Corona Pulau Galang yang saat ini sudah mencapai 92%.
Jokowi Prioritaskan Pengadaan APD Tenaga Medis
Presiden Jokowi meminta agar meminta agar alat perlindungan diri (APD) tenaga medis dan penyediaan obat menjadi prioritas.
Polisi Siapkan Skenario Jika Jokowi Lockdown Jakarta
Polda Metro Jaya telah mempersiapkan skenario bila Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan lockdown Jakarta.
0
Deretan Lagu Religi Khas Bulan Ramadan
Sederet artis musik Indonesia tercatat pernah merilis lagu-lagu religi untuk menemani umat Islam yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.