UNTUK INDONESIA

Menjadi Polemik, 30 Manfaat Ikan Sapu-Sapu Wajib Diketahui

Meski terkenal sebagai ikan yang dapat bertahan di tempat kotor sekalipun, ikan sapu-sapu ternyata miliki manfaat.
Ikan Sapu-sapu dalam akuarium. (Foto: Tagar/floradanfauna.com)

Jakarta – Ikan dengan nama ilmiah Hypostomus Plecostomus ini merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan dengan habitat asli sungai Amazon ini cukup populer di kalangan orang-orang yang memiliki hobi dengan ikan. Selain untuk ikan hias, ikan sapu-sapu juga dimanfaatkan untuk membersihkan akuarium.

Karena kemampuan mereka dalam membersihkan akuarium dari ganggang dan kotoran yang menempel di dinding tangki, ikan ini sering disebut sebagai Janitor fish. Ikan yang mudah beradaptasi ini ternyata memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui banyak orang, apa saja manfaat nya?

Berikut 30 manfaat ikan sapu-sapu bagi kepentingan manusia yang dilansir pada laman bertani.com:

1. Membersihkan Kaca Akuarium

Manfaat ikan sapu- sapu yang pertama yaitu digunakan untuk membersihkan kaca akuarium, karena ikan ini memakan alga atau rumput yang menempel pada kaca akuarium kita. Mulutnya berada di bagian bawah kepala, berbentuk seperti cangkir hisap, sehingga memudahkan ikan sapu-sapu untuk menghisap dan memakan alga atau ganggang yang menempel di permukaan halus dan kasar.

2. Bisa untuk di Konsumsi

Ikan sapu-sapu dapat juga bermanfaat sebagai pengganti bahan baku pembuatan jajanan seperti siomay, batagor, atau bakso. Namun, sebelum dikonsumsi kalian perlu mengetahui asal penangkapan ikan sapu-sapu.

Ikan sapu-sapu yang berasal dari perairan yang bersih dan hasil budidaya dapat dikonsumsi tanpa khawatir. Namun jika ikan sapu-sapu berasal dari perairan yang tercemar dan penuh polusi maka sebaiknya tidak dikonsumsi.

3. Sebagai Ikan Hias

Ikan sapu-sapu cukup populer digunakan sebagai ikan hias, karena keindahan warna nya ikan ini memang diekspor sebagai jenis ikan hias yang unik untuk dibudidayakan di Indonesia. Karena berasal dari luar negeri, ahrga bandaraya hias ikan ini cukup mahal.

4. Membantu Proses Detoksifikasi

Salah satu fungsi ikan sapu-sapu lainnya adalah membantu dalam pengeluaran racun atau detoksifikasi yang ada di dalam tubuh. Ikan ini membantu mengeluarkan racun yang disebabkan bila kita tidak sengaja mengonsumsi makanan yang beracun.

5. Ikan Sapu-sapu Rendah Lemak

Kandungan lemak yang ada pada ikan ini adalah 2,0 per 100 gram yang masih tergolong sangat rendah, namun jika kebanyakan akan menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, ada bagusnya juga kalian mengkonsumsi ikan yang satu ini.

6. Menurunkan Kolesterol

Ikan sapu-sapu bisa membantu menurukan kolestreol. Ini karena ikan sapu-sapu yang mengandung lemak tak jenuh, yang berperan aktif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata ikan sapu-sapu juga dapat menjaga kesehatan kulit lho. Membantu kulit agar tetap lembab, lembut, tidak kering dan terlihat lebih bercahaya. Sangat bermanfaat bagi kalian yang selalu memperhatikan kecantikan pada tubuh dan kulit kalian.

8. Menghilangkan Stress

Stress bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena banyaknya pikiran. Salah satu solusinya yaitu dengan mengonsumsi ikan sapu -sapu untuk memperbaiki mood kalian sehingga menjadi segar kembali.

9. Menambah Stamina

Stamina sangat diperlukan dalam aktivitas sehari-hari, agar berenergi dan kuat dalam melakukan aktivitas. Ikan ini pun bagus untuk kalian yang bekerja dengan aktivitas berat sehingga tidak akan kekurangan stamina dan energi.

10. Sebagai Peluang Untuk Berbisnis

Ikan sapu-sapu juga dapat digunakan sebagai peluang bisnis yang mudah. Karena harganya yang masih tergolong murah dan habitat nya mudah di temukan di sungai-sungai. Peluang bisnis bisa didapatkan dengan menjual ikan sapu-sapu jenis hias dengan harga yang mahal. Ikan ini pasti diminati dan dicari oleh banyak pecinta ikan hias karena warna dan jenisnya yang beragam.

Selain 10 manfaat diatas, ternyata ikan ini masih memiliki banyak manfaat lain yang mungkin kalian tidak sangka. Berikut 20 manfaat lain Ikan Sapu-sapu :

1.Mengandung Omega 3

2.Mengandung Zat Besi

3.Mencegah Maag

4.Menambah Daya Tahan Tubuh

5.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

6.Mengandung Vitamin D

7.Membentuk sel darah putih

8.Menstabilkan gula dalam darah

9.Meningkatkan Selera Makan Anak

10.Menyembuhkan Insomnia

11.Mengurangi Peradangan

12.Mengandung Nutrisi

13.MencegahTerjadinya Gejala Arthritis

14.Mengurangi risiko Alzheimer

15.Membantu Metabolisme Lemak

16.Mengandung Mineral

17.Membangun Otot

18.Mencegah Penyakit Autoimun

19.Mengandung Antioksidan

20.Mencegah Jantung Koroner

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Omega 3 Ikan Kembung Lebih Besar Daripada Ikan Salmon
Ada informasi yang tidak akurat tentang kandungan Omega 3 pada ikan kembung, sehingga banyak yang memilih ikan salmon karena promosi yang gencar
Kenali 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
Selain mencegah dehidrasi, air kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat dari air kelapa.
Empat Manfaat Saffron Bagi Kesehatan Manusia
Safron banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas terutama di Indonesia. Berikut empat manfaat Safron bagi kesehatan manusia
0
Menjadi Polemik, 30 Manfaat Ikan Sapu-Sapu Wajib Diketahui
Meski terkenal sebagai ikan yang dapat bertahan di tempat kotor sekalipun, ikan sapu-sapu ternyata miliki manfaat.