UNTUK INDONESIA
Meningkatkan Hubungan Bilateral Arab Saudi - Indonesia
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi, yakin hubungan bilateral Arabu Saudi-Indonesia akan meningkat
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi (kiri) bersalaman dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) dalam perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-89 di Jakarta, Senin, 23 September 2019, malam. (Foto: ANTARA/Azis Kurmala)

Jakarta - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi, yakin hubungan bilateral Arab Saudi dan Indonesia semakin meningkat.

"Saya bisa menggambarkan hubungan Indonesia dengan Arab Saudi berdasarkan ikatan persaudaraan Islam yang kuat," ujar Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi, dalam perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-89 di Jakarta, Senin, 23 September 2019, malam, seperti dilaporkan "Antara".

Kerja sama kedua negara akan semakin terus meningkat di bawah kedua pemimpin yang cemerlang yaitu Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo.

"Kita menyaksikan pertukaran kunjungan oleh para pemimpin dari kedua negara dan pejabat senior," kata Dubes Esam.

Dalam pertemuan komite bersama, kedua negara menyepakati peningkatan kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan investasi.

"Kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan investasi diharapkan mencapai tingkat koordinasi yang lebih tinggi di fase berikutnya," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan kedua negara sepakat untuk mengintensifkan hubungan bilateral.

Kesepakatan tersebut tercapai saat pertukaran kunjungan kedua pemimpin negara beberapa waktu lalu.

"Ini adalah komitmen kedua pemimpin negara untuk meningkatkan hubungan dagang, ekonomi, investasi, maupun pariwisata," ujar dia.

Menteri Lukman mengungkapkan Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar RI di kawasan Timur Tengah dan salah satu mitra penting Indonesia di sektor investasi.

"Indonesia berharap peningkatan investasi dan dagang dari Arab Saudi," kata dia. []

Berita terkait
Arab Saudi Hapus Kebijakan Visa Progresif Umrah
Pemerintah Arab Saudi resmi mencabut kebijakan visa progresif untuk umrah melalui dekrit raja. Hal ini untuk mewujudkan visi 2030 mengenai target.
Lima Kelonggaran untuk Perempuan di Arab Saudi
Kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz dianggap lebih moderat karena membawa dampak positif bagi kaum hawa di Arab Saudi.
Agus Maftuh, Dubes Indonesia untuk Arab Saudi
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi tengah menjadi sorotan tentang pernyataannya soal Rizieq Shihab.
0
GNPF Ulama Sumbar Tak Ikut Aksi 212 di Jakarta
GNPF Ulama Sumatera Barat mengklaim tidak mengirimkan anggota untuk mengikuti aksi 212 di Jakarta.