UNTUK INDONESIA
Mengungkap Perbincangan Mohammed Bin Salman dan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima telepon dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman Bin Abdulaziz Al Saud (MBS) pada Minggu, 29 Maret.
Mohammed bin Salman. (Foto: The Times of Israel)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima telepon dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman Bin Abdulaziz Al Saud (MBS), pada Minggu, 29 Maret 2020, pukul 16.00 WIB.

Dalam komunikasinya, MBS menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo pada 25 Maret 2020, yang meninggal dalam usia 77 tahun di Solo, Jawa Tengah.

Tidak ada negara yang kebal terhadap Covid-19 termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Baca juga: Ibunda Jokowi Wafat, Pemimpin Dunia Berkabung

Jokowi yang berada di Istana Kepresidenan Bogor, pada kesempatan itu juga mengapresiasi kesuksesan Arab Saudi terhadap penyelenggaraan KTT Luar Biasa G20, yang dilaksanakan secara virtual dengan pembahasan penanganan virus corona atau Covid-19.

“G20 harus menunjukkan kepemimpinannya dan menjadi motor solidaritas global, tidak ada negara yang kebal terhadap Covid-19 termasuk Indonesia dan Arab Saudi,” ucap Jokowi dalam siaran tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Tagar, Minggu malam, 29 Maret 2020.

Sebelumnya, Raja Salman dan para pemimpin dunia juga sempat mengucapkan belasungkawa kepada Jokowi atas kepergian mendiang Ibunda tercinta Sudjiatmi Notomihardjo.

Baca juga: Kronologi AS Minta Bantuan China Atasi Virus Corona

Melalui surat resmi yang diterima oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden dari Kementerian Luar Negeri, para pemimpin negara yang juga menyampaikan belasungkawa di antaranya Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Singapura Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

“Dengan rasa berdukacita dan amat terharu mendengar berita mengenai kembalinya ke Rahmatullah Ibu kepada Tuan yang terutama. Beta ingin menyampaikan ucapan takziah dan simpati yang mendalam,” kata Sultan Hassanal Bolkiah, dalam surat tersebut.

Ada beberapa nama lainnya yang juga mengucapkan belasungkawa kepada Jokowi, yaitu Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri PEA Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi, PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

“Kami turut berduka mendengar kepergian Ibunda Yang Mulia Bapak Presiden, kami turut bersimpati dan belasungkawa tulus kepada Yang Mulia Bapak Presiden, pemerintah Republik Indonesia dan keluarga Bapak Presiden,” ucap ketiga pemimpin PEA, berdasarkan rilis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat, 27 Maret 2020. []

Berita terkait
Kasus Corona di China Kian Hari Kian Turun
Pemerintah China melaporkan 45 kasus baru coronavirus (Covid-19) di China daratan pada 28 Maret 2020 menurun dari 54 kasus pada hari sebelumnya.
Kondisi Terkini Wuhan China, Kota Asal Virus Corona
Kota Wuhan, China akan membuka lockdown atau isolasi yang telah dilakukan sejak pertengahan Januari 2020.
Corona Indonesia, Investor China Kirim 40 Ton Alkes
Beberapa perusahaan asal China berinvestasi di Tanah Air berinisiatif memberikan sumbangan 40 ton alkes untuk membantu pengendalian virus corona.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.