UNTUK INDONESIA
Mengulik Enam Mobil Listrik Termurah di Dunia
Mobil listrik akan menjadi pilihan konsumen dalam beberapa tahun mendatang.
Mobil listrik Volkswagen D.3 di Frankfurt Motor Show IAA 2019. (Foto: Antara/REUTERS/RALPH ORLOWSKI)

Jakarta - Mobil listrik salah satu solusi kendaraan ramah lingkungan. Sayangnya, kendaraan roda empat yang tidak mengeluarkan emisi itu belum banyak yang menjualnya di Indonesia.

Tetapi, di beberapa belahan dunia lain transportasi ramah lingkungan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut Tagar rangkum mobil listrik termurah di dunia saat ini.

1. BYD e6

BYD (Build Your Dream) merupakan perusahaan otomotif asal Cina yang juga memproduksi mobil listrik. Salah satunya BYD e6, MPV berkapasitas lima orang penumpang.

BYD e6 menggunakan mesin listrik yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 120 daya kuda dan torsi maksimum sebesar 450 nm. Saat baterai dalam kondisi penuh, mobil ini mampu berjalan sejauh 300 kilometer dengan kecepatan maksimum mencapai 140 km/jam. 

Untuk masalah mengisi ulang baterai tak perlu khawatir, BYD e6 memiliki fasilitas fast charging, dalam waktu 15 menit mobil ini mampu diisi dari 0-80%.

Di Indonesia, BYD e6 menjadi salah satu armada taksi Bluebird. Secara global, tipe termahal dijual dengan harga 80.000 Yuan atau sekitar
Rp 158 juta.

BYD e6Unit BYD e6 yang dijadikan armada taksi. (Foto: Wikipedia/Wahsaw)

2. Mitsubishi i-Miev

i-MiEV merupakan mobil listrik  yang dikhususkan untuk wilayah perkotaan atau city car, telah diproduksi sejak tahun 2009

Mitsubishi i-MiEV menggunakan mesin listrik bertenaga 63 daya kuda dengan torsi 180 nm, digerakkan tenaga baterai berukuran 16 kWh. 

Mobil ini mampu berjalan sejauh 160 kilometer. Melalui mekanisme fast charging, baterai mobil ini dapat diisi dari 0-80% hanya dalam 15 menit.

Mitsubishi i-MiEV dijual di Jepang dengan harga 2 juta yen atau sekitar Rp 260 juta. Di Eropa, mobil ini dijual dengan nama Peugeot iOn dan Citroen C-Zero.

Kendaraan ListrikMobil mungil dari Mitsubishi yang bernama Mitsubishi MiEV. (Foto: Tagar/Thio Pahlevi)

3. DFSK E3

Selain Nissan Leaf, pasar mobil listrik Indonesia akan diramaikan produk mobil asal Cina, DFSK E3. Sebelumnya mobil ini telah diperkenalkan kepada publik Indonesia saat ajang GIIAS 2019 dan IEMS 2019 lalu.

DFSK E3 menggunakan mesin listrik bertenaga 160 daya kuda dengan torsi mencapai 300 Nm, digerakkan baterai berukuran 53 kWh dan mampu berjalan sejauh 405 km dalam kondisi baterai penuh. Baterai DFSK E3 dapat diisi dari 0-80% hanya dalam waktu 30 menit dengan fasilitas fast charging.

Saat ini harga DFSK E3 belum diumumkan secara resmi di Indonesia. Namun, jika merujuk ke negara asalnya, Cina, mobil ini dijual dengan harga Rp 300 jutaan.

DFSKMobil listrik asal Cina, DFSK E3. (Foto: DFSK Indonesia)

4. Renault Zoe

Produsen mobil asal Perancis, Renault memproduksi Zoe sejak tahun 2012 lalu. Mobil yang berukuran kompak ini ditujukan untuk konsumen daerah perkotaan atau sering disebut dengan istilah city car

Renault Zoe menggunakan motor listrik berkapasitas 80 kilowatt yang mengeluarkan tenaga sebesar 107 daya kuda dan torsi mencapai 225 nm. 

Motor listrik ini digerakkan oleh baterai berjenis lithium-ion berukuran 41kW-h yang mampu berjalan sejauh 400 kilometer. Dengan sistem quick charging, baterai Renault Zoe bisa diisi dari 0-80% hanya dalam waktu 65 menit.

Di Eropa, Renault Zoe dijual mulai dari 23.900 euro atau sekitar Rp 372 juta.

Renault ZoeRenault Zoe. (Foto: Renault UK)

5. Volkswagen E-UP!

Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen memproduksi mobil perkotaan (citycar) bertenaga listrik dengan nama E-UP!. Mobil ini diperkenalkan ke publik dalam ajang Frankfurt Motor Show pada 10 September 2019. 

Mobil ini menggunakan mesin listrik bertenaga 82 daya kuda dengan kecepatan maksimum mencapai 130 km/jam, dengan menggunakan baterai berkapasitas 32 kWh dan mampu berjalan sejauh 260 kilometer. Baterai mampu diisi dari 0-80% hanya dalam waktu 60 menit menggunakan fasilitas fast charging.

Volkswagen E-UP! dijual di Eropa dengan harga sekitar Rp 342 juta.

Volkswagen E-UP!VW E-UP!. (Foto: insideevs.com)

6. Nissan Leaf

Nissan Leaf merupakan mobil listrik yang telah diproduksi sejak tahun 2010. Mobil ini telah memasuki generasi kedua dan berbentuk hatchback

Mobil ini mengusung mesin listrik bertenaga 148 daya kuda dengan torsi mencapai 320 nm, digerakkan baterai listrik lithium ion berdaya 40 kWh. Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini mampu melaju sejauh 243 km. Baterai mobil ini dapat diisi dari 0-80% dalam waktu 30 menit.

Mobil ini merupakan salah satu mobil listrik terlaris di dunia dengan penjualan mencapai 303.678 unit hingga tahun 2017. Nissan Indonesia juga direncanakan menjual mobil ini pada 2020 mendatang. Di pasar global, Nissan Leaf dijual dengan harga mulai dari Rp 421 juta.

Mobil Listrik NissanMobil listrik Nissan LEAF digunakan untuk Final Liga Champions 2019. (Foto: Antara/Nissan)

Berita terkait
Mobil Listrik Honda E Rilis di Frankfurt Motor Show
Akselerasi Honda E mampu meraih kecepatan 0-100 km/h dalam waktu 8 detik.
Harga Mobil BMW Bulan September 2019
BMW memasarkan beberapa jenis mobil di Indonesia, mulai dari sedan, SUV, coupe, hingga mobil listrik.
Empat Mobil Listrik Bebas Aturan Ganjil Genap Jakarta
Empat mobil listrik bebas aturan ganjil genap yang diterapkan di Jakarta. Apa saja merek dan jenis mobil listrik tersebut?
0
Pilot Garuda Bawa Harley Selundupan Suami Iis Dahlia
Pilot Garuda Indonesia yang mengangkut Harley Davidson dan sepeda Brompton adalah suami penyanyi dangdut Iis Dahlia.