Pemerintah Kota Makassar

Mengenal Lira, Mata Uang Turki dan Sejarahnya

Pengenalannya sebagai mata uang dibagi menjadi dua fase. Fase pertama terjadi antara tahun 1923 dan 2005.
Lira, mata uang Turki. (Foto: Tagar?Pixabay)

Jakarta - Apakah Anda tau mata uang terbaik di dunia tahun 2021? Kalau kalian menjawab dollar Amerika, jawaban Anda belum tepat. Mata uang berasal dari negara yang wilayahnya terbentang di dua benua berbeda, Asia dan Eropa, yaitu negara Turki.

Nama mata uang Turki adalah Lira dengan simbol (₺). Sebelumnya, mata uang ini sempat dipakai oleh beberapa negara Eropa sebelum berpindah menggunakan Euro seperti Italia, Malta, San Marino, dan Vatikan, walaupun lira Turki berbeda dengan mereka.

Dilansir dari laman Corporate Finance Institute, pengenalan mata uang lira oleh Libra Romawi menyebar ke seluruh Eropa dan wilayah timur terdekat, di mana lira mulai digunakan sepanjang abad pertengahan. Lira Turki, lira Italia (digunakan hingga 2002), pound Prancis (digunakan hingga 1794), dan pound Inggris adalah penerus modern mata uang kuno.

Pengenalannya sebagai mata uang dibagi menjadi dua fase. Fase pertama terjadi antara tahun 1923 dan 2005. Era kedua lira Turki dimulai pada tahun 2005. Sepanjang sejarahnya, lira Turki mematok ke pound Inggris, franc Prancis, dan dollar Amerika. Turki secara aktif melakukan intervensi di pasar mata uang dan berusaha untuk memanipulasi nilai mata uangnya.

Majelis Nasional Agung Turki mengesahkan undang-undang pada bulan Desember 2003 yang memungkinkan redenominasi lira Turki dengan menghilangkan enam nol dan memperkenalkan mata uang baru. Lira Turki baru diluncurkan pada 1 Januari 2005 untuk menggantikan lira Turki sebelumnya dengan harga 1 lira Turki baru setara dengan 1.000.000 lira Turki lama.

Kebijakan baru ini menyebabkan mata uang ieu Rumania yang juga direvaluasi pada tahun 2005, menjadi mata uang paling tidak berharga di dunia untuk sementara waktu. Pada saat yang sama, Pemerintah Turki meluncurkan dua uang kertas pecahan 50 dan 100.


Lira Turki saat ini

Seri uang kertas baru mulai beredar pada 1 Januari 2009. Uang kertas itu penyebutannya “lira Turki” bukan “lira Turki baru.” Uang kertas baru datang dalam berbagai ukuran untuk menghindari pemalsuan.

Perbedaan utama dari kelompok terbaru adalah bahwa setiap denominasi menggambarkan karakter Turki yang ikonik daripada fitur arsitektur dan lokasi geografis Turki. Warna utama uang kertas 5 lira Turki diputuskan menjadi "ungu" di pembaharuan kedua uang kertas saat ini.


1. Uang lira kertas

Saat ini beredar uang kertas pecahan 5 TRY, 10 TRY, 20 TRY, 50 TRY, 100 TRY, dan 200 TRY. TRY merupakan sebutan lain dari lira Turki.

Berikut gambar yang tercetak di lira Turki dengan salah satu sisinya pasti terpampang wajah Presiden pertama Turki bernama Mustafa Kemal Atatürk.

1. 5 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Aydin Sayili, seorang sejarawan sains Turki.

2. 10 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Cahit Arf, seorang ahli matematika Turki.

3. 20 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Architect Kemaleddin, seorang arsitek terkenal Turki.

4. 50 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Fatma Aliye Topuz, seorang penulis dan aktivis perempuan di Turki.

5. 100 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Buhurizade Itri, seorang musisi dan penyair di Turki.

6. 200 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Yunus Emre, seorang penyair rakyat Turki dan mistik Sufi yang sangat mempengaruhi budaya Turki.


2. Uang Koin Kurus

Selain Lira, Turki mempunyai koin yang disebut kurus. Nominal kurus yang beredar adalah 1, 5, 10, 25, dan 50 kurus (100 kurus adalah satu lira) dan 1 koin lira.

Sama seperti uang kertas, pada salah satu sisi kurus terpampang wajah Presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Berikut gambar yang tercetak di kedua sisi koin kurus.

1. 1 Kurus: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Bunga Snowdrop

2. 5 Kurus: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Simbol Bunga Kehidupan

3. 10 Kurus: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Rumi motif

4. 25 Kurus: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Kufic calligraphic

5. 50 Kurus: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Jembatan Bosphorus

6. 1 Lira: Bergambar Mustafa Kemal Atatürk dan Rumi motif

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga






Berita terkait
Mengenal Kyat, Mata Uang Myanmar dan Sejarahnya
Sejarah mata uang Kyat Myanmar bisa dibagi menjadi tiga versi dalam periode yang berbeda.
Sejarah Perjalanan Mata Uang Negara Inggris
Selain menyematkan huruf braille, Pound Sterling merupakan satu-satunya mata uang yang mencetak logonya di atas lembaran uang kertasnya.
Kilas Balik Sejarah Mata Uang Negara Jerman
Mata uang Jerman terus berkembang seiring dengan kemajuan negara melalui masa-masa perpecahan, resesi, dan hiperinflasi.
0
Mengenal Lira, Mata Uang Turki dan Sejarahnya
Pengenalannya sebagai mata uang dibagi menjadi dua fase. Fase pertama terjadi antara tahun 1923 dan 2005.