Mengenal Kentang Goreng Termahal di Dunia Capai Rp 3 Juta

Kentang goreng merupakan cemilan yang memiliki harga terjangkau oleh pembeli, namun baru-baru ini kreasi kentang goreng mencapai harga Rp 3 juta.
Ilustrasi - Kentang goreng termahal di dunia. (Foto: Tagar/Food)

Jakarta - Kentang goreng menjadi menu yang mudah di temukan di restoran mana pun di Indonesia, hidangan ini membuat kita ingin mengunyahnya lagi dan lagi karena gurih dan renyah.

Selain enak untuk dijadikan cemilan, kentang goreng juga memiliki harga yang bersahabat atau harga terjangkau, yang tidak mengharuskan membeli untuk mengeluarkan uang banyak. 

Namun, beberapa waktu ini dunia kuliner dihebohkan dengan kemunculannya kreasi hidangan kentang termahal di dunia, dengan harga mencapai Rp 3 juta. 

Kentang goreng ini bermana creme de la creme pommes fries, yang dilabeli sebagai kentang goreng termahal oleh Guinness World Record. 


Ini merupakan penghormatan tersendiri bagi kami karena mendapat Guinness World Record. Selain creme de la creme pommes fries kami berharap ke depannya bakal ada resep luar biasa lainnya yang bisa diciptakan.


Harga fantastis ini ternyata disebabkan karena bahan-bahan dasar dalam membuat kentang ini cukup langka dan mahal Kentang yang digunakan bukan sembarang kentang, melainkan jenis upstate chipperback.

Tak hanya itu, proses pengolahan serta memasaknya pun terkesan rumit dan membutuhkan campuran khusus; dari champagne Dom Perignon dan J. Leblanc French Champagne Ardenne Vinegar.

Mengutip Food and Wine, setelah direbus sebanyak 3 kali, kentang masih perlu dimasak dalam lemak angsa murni dari Prancis. Kentang juga akan diolesi terlebih dahulu dengan bumbu guerande truffle salt. Kemudian dilumuri lagi minyak truffle musim panas khas Urbani yang harus menyelimuti seluruh bagiannya.

Kemudian, taburan truffle crete senesi pecorino tarutufello pun digunakan untuk menghiasi topping kentang eksklusif tersebut. Terakhir, barulah koki akan menyiapkan makanan ini dengan menambah lagi truffle umbria khas Italia beserta taburan emas 23 karat.

Tidak lengkap rasanya makan kentang goreng tanpa cocolan saus. Maka itu, mereka juga akan menyajikannya dengan saus mornay yang diolah dari dua jenis truffle pilihan, yakni black truffle butter dan gruyere truffle raclette Swiss, lalu dicampur udder cream sapi Jersey.

Menurut Joe Calderon, direktur kreatif restoran Serendipity3 yang menyajikan hidangan kentang goreng termahal itu, menyampaikan kalau baik dirinya maupun restoran merasa kagum terhadap pencapaian rekor tersebut. Setelah menggandeng chef Frederick Schoen-Kiewert, Calderon merasa terhormat atas kreasi kentang goreng paling eksklusif yang pernah ada.

“Kami sangat senang bahwa Serendipity3 bisa kembali dengan kreasi yang lebih baik. Ini merupakan penghormatan tersendiri bagi kami karena mendapat Guinness World Record. Selain creme de la creme pommes fries, kami berharap ke depannya bakal ada resep luar biasa lainnya yang bisa diciptakan,” ucap Calderon.

Meskipun harganya setara dengan barang elektronik nan canggih. Rupanya, tidak menutup kemungkinan kalau banyak pencinta kuliner tertarik membelinya. Dalam hitungan 48 jam, sudah terdapat beberapa nama pelanggan yang pengin mencicipi sajian makanan termahal itu. []

Berita terkait
7 Makanan Korea Selatan Paling Populer yang Wajib Dicoba
Sejumlah kuliner Korea yang disukai banyak orang, seperti kimbap, tteokbokki, odeng, jjajangmeyon, jjampong, dan makanan lainnya yang lezat.
Selain Nasi, Makanan Ini Jadi Hambatan Turunkan Berat Badan
Tanpa disadari, barangkali ada beberapa makanan yang jadi persoalan mengapa berat badan tidak lekas turun.
Di Yogyakarta Ada Teman Isoman Makanan Gratis dan Tempat Curhat
Pandemi Covid-19 jadi beban, tapi bagi yang lain kondisi ini jadi jalan untuk berbagi dalam meringankan beban sesame seperti di Yogyakarta ini
0
Mengenal Kentang Goreng Termahal di Dunia Capai Rp 3 Juta
Kentang goreng merupakan cemilan yang memiliki harga terjangkau oleh pembeli, namun baru-baru ini kreasi kentang goreng mencapai harga Rp 3 juta.