6 Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19

Selain makan makanan sehat, pasien Covid-19 harus menghindari berbagai makan dan minuman yang meningkatkan peradangan.
Ilustrasi - Dokter tangani pasien Covid-19. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan ketika seseorang sedang sakit maka harus makan makanan yang kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin D dan C serta zinc, untuk pemulihan yang cepat. 

Makan makanan yang penuh vitamin dan nutrisisangat penting untuk pasien Covid-19.

Selain makan makanan sehat, pasien Covid-19 harus menghindari berbagai makan dan minuman yang meningkatkan peradangan dan mengganggu proses penyembuhan.

Berikut 6 makanan yang harus dihindari pasien Covid-19 sebagaimana dilansir Times of India, Jumat, 23 Juli 2021.


1. Makanan ringan

Jika Anda terinfeksi covid-19, makanan tinggi natrium, zat aditif, gula berlebih, dan pengawet termasuk yang jadi pantangan. Semua makanan ini menyebabkan peradangan yang dapat mengganggu proses penyembuhan.

Peradangan yang tinggi juga meningkatkan beban pada sistem kekebalan sehingga membuat lebih rentan terhadap penyakit. Seseorang yang sedang sakit juga tidak boleh makan keripik kentang dan makanan ringan serupa lainnya secara diam-diam karena akan berdampak pada proses penyembuhan.


2. Daging merah

Daging merah tidak boleh sering dikonsumsi, baik Anda menderita covid-19 atau tidak. Makanan ini kaya akan lemak jenuh yang dapat meningkatkan peradangan.

Sebagai gantinya, tambahkan makanan yang memiliki lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan yang kaya asam lemak omega 3. Untuk protein, pilih protein nabati seperti kacang-kacangan.


3. Gorengan

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi sehingga bisa mendatangkan keburukan bagi tubuh dan menambah beban pada sistem kekebalan yang sudah terisi. Makanan yang digoreng berdampak negatif pada mikrobioma usus dan menekan fungsi kekebalan. Makanan ini juga meningkatkan kolesterol jahat yang meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.


4. Minuman tinggi gula

Gula yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Saat mengikuti diet anti-inflamasi, minuman manis harus dihindari. Katakan tidak pada minuman berkarbonasi dan soda untuk membantu tubuh Anda sembuh.


5. Makanan pedas

Disarankan untuk menghindari makanan pedas saat sedang pilek, batuk, atau flu. Ini karena makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat makin batuk. Jika Anda mengalami hidung tersumbat, minumlah sup atau minuman panas untuk menghindari sinus. Pilih minuman yang lebih ringan.


6. Minuman dengan kadar alkohol tinggi

Saat terkena Covid-19 jangan minum-minuman keras, apalagi sampai mabuk. Anda harus menjaga kesehatan tubuh dan mental Anda. Lebih baik minum-minuman yang menyehatkan badan. []

Baca Juga: Sandiaga Uno Usul Hotel Jadi Tempat Isoman

Berita terkait
Jokowi Bagi-bagi 300 Ribu Paket Obat Isoman Pasien Covid-19
Paket obat yang pertama tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang melakukan Isoman di Pulau Jawa dan Bali.
Telemedisin dan Obat Gratis Pasien Isoman Diperluas ke Bodetabek
Layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui telemedisin bagi pasien Covid-19 Isoman diperluas ke Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi
Tips-tips Isoman Pasien Covid-19 dari Dokter Tirta
Pasien corona tanpa gejala cukup makan makanan yang mengandung protein, untuk mengganti sel tubuh yang rusak usai terpapar Covid-19.
0
6 Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19
Selain makan makanan sehat, pasien Covid-19 harus menghindari berbagai makan dan minuman yang meningkatkan peradangan.