UNTUK INDONESIA

Mengenal Dewi Soekarno, Janda Bung Karno Berparas Awet Muda

Janda Presiden ke-1 Indonesia Bung Karno, Dewi Soekarno sudah berusia lebih dari tiga perempat abad. Ia juga dikenal berparas awet muda.
Ratna Sari Dewi Soekarno atau Dewi Soekarno, janda mendiang Presiden ke-1 Indonesia Bung Karno. (Foto: Instagram/dewisukarnoofficial)

Jakarta - Nama Naoko Nemoto mungkin asing ditelinga Anda, tetapi jika menyebut Dewi Soekarno terdengar seperti berkaitan dengan nama proklamator Indonesia. Ya, wanita ini merupakan janda mendiang Presiden ke-1 Indonesia Ir Soekarno.

Belum lama ini namanya kembali terdengar setelah wanita berusia lebih dari tiga perempat abad tersebut muncul di televisi Jepang. Ia tampil dalam serial drama televisi populer negeri Sakura, The Confidence Man JP.

Dewi yang berusia 80 tahun dinilai awet muda. Ketika tampil di televisi Jepang, penggemarnya terkesima dengannya karena seperti tak terpapar penuaan pada kulit.

Dewi SoekarnoRatna Sari Dewi Soekarno atau Dewi Soekarno, janda mendiang Presiden ke-1 Indonesia Bung Karno. (Foto: Instagram/dewisukarnoofficial)

Baca juga:

Dewi memang bernama asli Naoko Nemoto. Ia perempuan asli Jepang yang lahir di Tokyo pada tahun 1940. Ia memiliki impian menjadi bintang di dunia entertaiment di negara matahari terbit itu.

Untuk mewujudkannya, ia berhenti mengenyam pendidikan ketika SMA supaya bisa berkerja di sebuah klub tempat ia belajar menyanyi dan menari.

Pada usia 19 tahun, Dewi bertemu dengan Soekarno yang saat itu berusia 57 tahun. Pertemuan keduanya berlangsung di salah satu tempat hiburan di Tokyo. Ketika itu Soekarno sedang berkunjung ke Jepang.

Keduanya jatuh cinta pada pandangan pertama. Dewi kemudian diboyong ke Indonesia bersama Soekarno di tahun itu juga dengan status kekasih sang presiden.

Dewi SoekarnoRatna Sari Dewi Soekarno atau Dewi Soekarno, janda mendiang Presiden ke-1 Indonesia Bung Karno. (Foto: Instagram/dewisukarnoofficial)

Baru tiga tahun kemudian keduanya menikah. Dewi lantas menyandang predikat istri ketiga Soekarno sekaligus ibu negara Indonesia. Ia acap kali menghadiri acara-acara sosial penting. Keduanya akhirnya dikaruniai seorang putri bernama Karina Kartika Sari Dewi Soekarno.

Sayangnya, hari-hari indah itu tidak berlangsung lama. Pada tahun 1967, kudeta meletus di Indonesia dan Sukarno digulingkan oleh bawahannya. Dia tetap dalam tahanan rumah sampai kematiannya pada tahun 1970.

Dewi terpaksa hidup lama di pengasingan bersama putrinya, Kartika. Ia berpindah-pindah dari di Swiss, Paris, New York, hingga Tokyo. Setelah Soekarno wafat, Dewi aktif dalam bisnis pertunjukan di Jepang dengan karismanya yang tiada henti, ia dikenal sebagai "Nyonya Dewi".

Tinggal di Tokyo, dia sekarang menjalankan bisnis kecantikan dan perhiasannya sendiri, sambil sesekali tampil sebagai juri kontes kecantikan di televisi Jepang.

Dewi SoekarnoIstri ke-3 Presiden Soekarno, Dewi Soekarno bersama putrinya, Kartika. (Foto: Instagram/dewisukarnoofficial)

Baca juga:

Baru-baru ini Dewi mengunggah fotonya bersama sang putri, Kartika, di Instagram. Foto itu diabadikan ketika keduanya berada di pengasingan.

Dalam keterangan unggahannya, Dewi menjelaskan foto tersebut diambil pada tahun 1967. Ia berusia 27 tahun menggendong Kartika yang berusia 6 bulan.

Kartika, tumbuh dan berkembang di sejumlah kota pengasingan seperti Eropa, Prancis, Amerika Serikat, dan Jepang. Di Instagram, Kartika lebih aktif daripada ibunya.

SoekarnoPresiden ke-1 Indonesia Ir Soekarno (kiri) bersama istri ketiganya Dewi Soekarno (kanan) di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada medio 60-an. (Foto: Instagram/kartikasoekarnofoundation)

Ia juga kerap mengunggah foto mendiang ayahnya ketika sedang berkegiatan atau saat bersama ibunya. Seperti pada awal Oktober 2020, Kartika memperlihatkan foto Soekarno dan Dewi ketika sedang memandang deburan ombak pantai di Sukabumi, Jawa Barat pada medio 60-an.

"Orangtua saya, Pelabuhan Ratu," tulis Kartika diikuti hashtag #AyahdanIbuku dalam keterangan unggahan Instagramnya, @kartikasoekarnofoundation. 

Berita terkait
Bikin Awet Muda, 4 Jenis Makanan Ber-Kolagen dari Alam Semesta
Alam semesta yang dikaruniai beragam jenis makanan, juga memiliki aneka resep rahasia awet muda. Salah satunya kolagen.
Tampil Muda di Usia 40-an, Gaya Aktris Korea Ini Bisa Ditiru
Siapa saja sih aktris Korea usia 40-an ke atas yang bisa menjadi inspirasi karena kerap berpenampilan menarik sehingga terlihat muda?
Dewi Soekarno, Janda Bung Karno Muncul di Serial TV Jepang
Dewi Soekarno, janda mendiang Presiden ke-1 Indonesia Bung Karno, tampil dalam serial drama televisi populer Jepang.
0
Mengenal Dewi Soekarno, Janda Bung Karno Berparas Awet Muda
Janda Presiden ke-1 Indonesia Bung Karno, Dewi Soekarno sudah berusia lebih dari tiga perempat abad. Ia juga dikenal berparas awet muda.