UNTUK INDONESIA

5 Fakta Aneh Tentang Aksesoris Emas, Ternyata Bisa Menyusut

Emas! Kata itu cukup membuat mata Anda berkilauan, terutama bagi wanita. Disebut sebagai salah satu lambang kekayaan ternyata bisa menyusut.
Ilustrasi aksesoris emas. (Foto: Pexels)

Jakarta - Emas! Kata itu cukup membuat mata Anda berkilauan, terutama bagi seorang wanita. Di seluruh dunia, jenis logam ini diterima secara luas untuk bahan aksesoris. Disebut sebagai salah satu lambang kekayaan dan kemewahan.

Anda nampaknya sudah mulai membayangkan berpenampilan dengan emas melingkar di leher? Upsss... Nanti dahulu.

Lanjut ya?

Bagi banyak orang, emas merupakan barang investasi yang bisa melindungi ketika ekonomi individu hingga rumah tangga sedang tidak stabil.

Kata 'gold' yang dalam bahasa Indonesia berarti 'emas', berasal dari sejarah Inggris kuno. Saat itu emas disebut 'geolu', artinya 'kuning'. Fakta tentang emas menarik untuk diketahui ya? 

ParasiteAdegan dalam film Parasite. (Foto: Neon/CJ Entertainment)

Anda juga harus mengetahui bahwa orang-orang di bumi hanya menggunakan 20 persen dari emas yang tersedia di dunia saat ini. Sisanya 80 persen masih terkubur di bawah permukaan bumi dan sangat sulit ditemukan.

Selain itu, ada banyak fakta menarik lainnya tentang emas yang mungkin Anda belum ketahui atau sudah mendengarnya.

Berikut 5 fakta aneh seputar emas yang wajib Anda ketahui sebagai pecinta 'blink blink':

1. Logam langka

Ketika berbicara tentang fakta yang belum diketahui tentang emas, Anda harus tahu bahwa logam itu menjadi salah satu yang paling langka ditemukan di permukaan bumi. Disebut-sebut, lebih sulit menemukan satu ons nugget emas murni daripada berlian lima karat.

Ilustrasi emasIlustrasi aksesoris emas. (Foto: Pixabay) 

2. Pengobatan

Melalui proses kimiawi, emas dicairkan dan disuntikkan ke pembuluh darah orang yang menderita rheumatoid arthritis. Tindakan medis itu juga dilakukan untuk pengobatan penyakit psoriasis artritis.

Tidak percaya? Anda dapat mengakses Puasat Informasi Obat Nasional Badan Pengawas Obat dan Bakanan (Badan POM) dengan menekan link ini.

Tingkat keberhasilan pengobatan menggunakan emas ini hampir 70 persen. Sungguh fakta yang aneh tentang emas, bukan?

Jurassic ParkAdegan terkejut dalam film Jurassic Park. (Foto: Universal Pict) 

3. Menyusut

Tak sedikit orang gemar memakai aksesoris berbahan emas. Ada yang menganggapnya sebagai penambah kecantikan, ada juga yang dipergunakan sebagai jimat keberuntungan.

Namun, tahukah Anda, jika terus menerus memakai emas, bahkan di tempat yang rawan berarti mengundang risiko jambret atau maling.

Di balik itu, menurut laporan Boldsky, 6 miligram emas di dunia menyusut setiap tahunnya.

Ilustrasi EmasHarga emas PT Antam pada Selasa, 10 November 2020 turun hingga Rp 34.000 per gram menjadi Rp 972.000. (Foto:Tagar|jewelrydesigngallery.com|Ilustrasi Emas). 

4. Logam berat

Saat Anda mengenakan kalung atau anting, apakah Anda merasakan dua benda itu berat? Sepertinya tidak. Namun tahukah Anda bahwa satu kubik emas sama dengan setengah ton. Batangan emas terbesar yang pernah ditemukan penambang selama ini memiliki berat hanya sekitar 551 lbs atau 250 kg.

TerkejutAdegan terkejut dalam film animasi buatan Disney. (Foto: Disney) 

5. Ditemukan di mana-mana

Dunia menghadirkan berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Nampaknya sama seperti emas, ada di mana-mana. Mungkin Anda baru mengetahui bahwa emas ditemukan di seluruh belahan dunia, yaitu tujuh benua.

Gaya Hotman ParisCincin  pengacara kondang Hotman Paris. Salah satunya berbentuk naga dengan lapisan emas. (Foto : Tagar/Gemilang Isromi Nuari) 

Berita terkait
Ditaksir Rp 540 Miliar, Berlian Langka Warna Pink Siap Dilelang
Berlian langka bernama The Spirit of the Rose akan dilelang oleh rumah lelang Sotheby di Jenewa. Harganya ditaksir tembus Rp 540 miliar.
Joe Biden Presiden, Anjing Peliharaan Ada Lagi di Gedung Putih
Gedung Putih akan diramaikan kembali oleh anjing peliharaan setelah Joe Biden dilantik jadi Presiden AS ke-46.
4 Jenis Kejahatan Dunia Maya Perlu Diperhatikan Wanita
Kejahatan kerap terjadi pada wanita. Tak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga keamanan dunia maya. Mencegahnya, kenali 4 jenis ini ya girls!
0
Kai Exo Siap Rilis Album Solo, SM Entertainment Beri Bocoran
Personel grup boyband Exo, Kai, resmi bakal melakukan debut solonya dengan merilis album bertajuk KAI (EXO) pada 30 November 2020 mendatang.