Mengenal 7 Jenis Anggur di Dunia

Anggur memiliki banyak varian di dunia yang meliputi perbedaan bentuk, rasa, warna dan asal mulanya.
Ilustrasi buah Anggur (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Anggur merupakan buah berwarna ungu yang banyak digemari orang di dunia karena rasanya manis dan terkadang sedikit asam. Biasanya anggur yang sering ditemui di supermarket adalah anggur merah, anggur hitam dan anggur hijau. Tetapi, Sebenarnya anggur memiliki banyak varian di dunia yang meliputi perbedaan bentuk, rasa, warna dan asal mulanya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 macam jenis anggur di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.


1. Concord

Anggur concord memiliki warna ungu kebiruan yang biasanya dinikmati langsung. Anggur ini juga dapat dibuat sebagai jus, jeli, selai dan lain sebagainya. Anggur ini sangat tinggi antioksidan flavonoid dan senyawa fenolik resveratrol, yang keduanya merupakan senyawa antikanker, anti-inflamasi, dan menyehatkan untuk jantung.

Menurut penelitian anggur concord memiliki Total Antioxidant Capacity (TAC) yang jauh lebih tinggi dari anggur merah atau anggur hijau.


2. Champagne

Jenis anggur champagne atau biasa disebut juga anggur korintus hitam, berasal dari Asia dan Yunani. Namun, anggur ini lebih banyak ditemukan di Amerika Serikat dan Eropa. Anggur champagne memiliki rasa yang manis dan lembut dengan ukuran sebesar kacang polong.


3. Cotton Candy

Anggur cotton candy pertama kali diproduksi di California pada tahun 2011. Anggur seperti permen ini dibuat dengan cara menghibridisasi spesies anggur untuk menciptakan rasa yang unik seperti ini. Anggur cotton candy memiliki kandungan vitamin C, serat dan potassium. Namun, dibandingkan dengan anggur concord anggur ini sedikit lebih tinggi gula karena rasa manisnya yang intens.


4. Moon drops

Anggur moon drops memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis. Anggur ini dianggap sebagai anggur hitam tanpa biji yang memiliki tekstur renyah dan berwarna biru tua. Anggur moon drops berbentuk memanjang dengan ciri khas ada bagian yang ke dalam di ujungnya seperti lesung pipit.


5. Kyoho

Anggur kyoho memiliki ukuran yang lebih besar dibanding anggur lainnya. Nama kyoho berasal dari Bahasa Jepang yang artinya anggur raksasa. Buah anggur yang memiliki warna hitam ini mulai dibudidayakan sejak tahun 1930 dan berasal dari Gunung Fuji. Orang Jepang biasanya menghidangkan buah ini sebagai makanan penutup atau jus yang dicampur cocktails.


6. Dominga

Dominga adalah anggur yang memiliki rasa manis dan kulit kekuningan. Menurut penelitian, anggur ini sangat tinggi antioksidan polifenol yang dapat membantu menjaga fungsi mental dan menawarkan efek neuroprotektif, serta meningkatkan banyak aspek kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, anggur ini juga mengandung jumlah Flavan-3-ol yang lebih tinggi daripada anggur lainnya. Senyawa tersebut telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung.


7. Glenora

Anggur glenora adalah anggur tanpa biji berwarna hitam tua kebiruan yang dibuat sejak tahun 1952. Jenis anggur ini dibuat di Rusia dan menambah jenis anggur tanpa biji. Glenora memiliki rasa yang menarik, yakni manis dan sedikit rasa pedas. Anggur glenora tahan terhadap hama dan mudah untuk ditanam, hal ini menjadikan anggur ini populer di kalangan tukang kebun rumah dan petani.

(Fadhil Ramadhan)

Berita terkait
Beberapa Manfaat Buah Anggur yang Perlu Anda Tahu
Buah anggur selain segar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya memiliki banyak antioksidan yang menangkal radikal bebas.
Pemkot Jakarta Barat Siap Jalankan Program Budi Daya Anggur
Anggur dipilih jadi fokus utama pemberdayaan karena proses penanaman yang dinilai mudah, praktis, dan nilai jual yang tinggi.
5 Macam Buah yang Bisa Perbaiki Kualitas Tidur
Kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi aktifitas Anda sehari-hari.
0
Lahiran Anak Kedua, Paula Beri Nama Kenzo Eldrago Wong
Istri dari Baim Wong, Paula Verhoeven melahirkan anak kedua mereka pada Minggu, 9 Oktober 2021 yang diberi nama Kenzo Eldrago Wong.