UNTUK INDONESIA
Mellya Juniarti Merasa Dizalimi Ustaz Abdul Somad
Mellya Juniarti diceraikan suaminya, ayah dari satu anaknya, Ustaz Abdul Somad atau UAS. Ia merasa dizalimi dengan sebutan wanita tak bisa dididik.
Foto Pernikahan Mellya Juniarti dan Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: Instagram/Mellya Juniarti)

Jakarta - Mellya Juniarti, perempuan berusia 29 tahun, seorang ibu satu anak, buah pernikahan dengan Ustaz Abdul Somad. Hatinya hancur berkeping-keping mendapati kenyataan diceraikan suaminya yang populer dengan sapaan UAS. Ia ingin menikah sekali saja seumur hidup, tapi takdir berkata lain.

Ia mendadak mematikan kolom komentar akun Instagram miliknya, @mizyanhadziq. Sejak beberapa hari belakangan, Instagram milik mantan istri pendakwah kondang, Ustaz Abdul Somad atau akrab disapa UAS, itu menjadi sorotan setelah permohonan cerai yang diajukan UAS dikabulkan Majelis Hakim Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, 3 Desember 2019.

Selang beberapa jam berita perceraiannya dengan UAS mencuat ke publik dan viral, Mellya mengunggah foto-foto lawasnya bersama pria yang sudah menikahinya selama tujuh tahun itu. Foto-foto itu juga dilengkapi caption atau keterangan yang menunjukkan curhatan hati serta kegelisahannya usai diceraikan UAS.

"Bismillah Masyaallah Tabarakallah. Tak ada yang abadi, kita pun akan mati, semua akan diminta pertanggungjawaban Ilahi Robbi. 03 Desember 2019," tulis Mellya.

Ia mengunggah tiga foto. Pertama, foto pernikahannya dengan UAS. Dalam foto itu, Mellya sedang mencium tangan UAS usai ijab kabul. Kedua, Mellya dan UAS selfie mirror atau berswafoto di cermin. Keduanya masih tampak muda, sepertinya foto ini merupakan awal-awal usia pernikahan mereka. Ketiga, Mellya dan UAS berfoto bersama anak pertama mereka, Mizyan Haziq Abdillah, di sebuah tempat makan. Putra pertama UAS itu terlihat masih balita.

Wanita yang akrab disapa Melly ini tak hanya membagikan curahan hatinya dalam satu foto. Beberapa hari kemudian, Jumat, 6 November 2019, ia kembali mengunggah foto dalam Instagram pribadinya. Kali ini, foto dirinya bersama Mizyan. Sama dengan foto sebelumnya, ada tiga foto yang dibagikan.

Foto-foto itu menunjukkan potret kedekatan dan keakraban Mellya dengan sang putra. Pada foto pertama, misalnya, Mizyan menutup mulut sang ibu saat diajak berselfie. Mellya yang mengenakan hijab abu-bau itu tampak tertawa melihat kelakuan anak sulungnya tersebut.

Dalam foto kedua, Mizyan mencium pipi sang ibu dan Melly tampak bahagia. Foto ketiga memperlihatkan Mizyan memeluk erat sang ibu sambil tersenyum ke arah kamera.

Menariknya, dalam foto ini, Mellya menuliskan keterangan yang tidak sesuai dengan foto yang diunggahnya tersebut. Keterangan itu justru menggambarkan kegelisahan dan kekecewaan hatinya saat ini. Mellya mengatakan, jika genderang itu telah ditabuh, pelan atau kuat tetap akan berbunyi. Kemudian ia juga menuliskan bahwa dirinya tak berdaya ketika tangan kecil itu menutup mulutnya. Dengan manusia berilmu, tuan giring opini hingga jutaan mata memandangnya seperti arang hitam.

Akan tetapi, Mellya mengaku tak masalah diperlakukan demikian. Sebab, menurut dia, kata-kata tak akan mengubah fakta dan hakikat diri. Namun, hati nurani akan mampu menelusuri arti.

"Aku tak risau dengan arang yang tuan tabuh, cukup bagi diri jika sang buah hati melihatku seperti bidadari yang selalu memeluknya dengan kasih sejati dan memandang tuan sebagai raja yang harus dipatuhi dan dihormati. Bagiku, di situlah kemenangan sejati," tutur Mellya dalam tulisannya.

Dia yang terzalimi dibilang provokasi, sekalian saja bilang radikalisasi, ketika hak berbicara pun dilarang setelah ada klarifikasi.

UAS Mellya JuniartiMellya Juniarti dan anak sematawayangnya, buah pernikahan dengan Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: Instagram/@mizyanhadziq)

Tak tahu siapa tuan dan raja yang dimaksud Mellya dalam tulisannya. Namun, banyak netizen menduga sosok tuan dan raja yang dimaksud tersebut adalah UAS. Selain itu, netizen berspekulasi bahwa tulisan itu merupakan curahan kegelisahan dan kekecewaannya atas UAS yang tega menceraikannya.

Terbaru, Mellya mengunggah video ceramah mantan suaminya dan screenshot unggahan seseorang. Dalam video itu, dengan nada berapi-api, UAS memperingatkan agar para akhwat atau perempuan jangan mau nikah siri. Sebab, kata UAS, pernikahan siri hanya akan merugikan perempuan, seperti perempuan tidak bisa menggugat cerai serta tak dapat menuntut nafkah.

"Jangan mau nikah siri. Kalau cerai, enggak bisa menuntut karena tidak ada hitam putih," kata UAS dalam tausiahnya.

Mellya juga menambahkan keterangan yang menyindir mantan suaminya tersebut sekaligus ingin menegaskan bahwa dirinya dilarang memberikan keterangan seperti halnya UAS yang melakukan klarifikasi.

"Dia yang terzalimi dibilang provokasi, sekalian saja bilang radikalisasi, ketika hak berbicara pun dilarang setelah ada klarifikasi. Untukmu hati yang berada di seberang negeri,” ucapnya.

“Bersabarlah hati takkan lama lagi. Dua tahun bukan waktu sebentar untuk menanti dan ucapan tahniah mengiringi bertubi dari pencinta sejati, tanpa memikirkan hati yang tersakiti."

Pada slide berikutnya, Mellya juga mengunggah screenshot status seorang wanita yang dikabarkan dinikahi UAS secara siri. Dalam unggahan itu, Mellya juga menuliskan keterangan dirinya dikambinghitamkan sebagai wanita yang tak bisa didik.

“Hanya dalam beberapa hari lagi. Masalah lama yang tertunda akan disahkan. Semoga Allah menjaga ikatan kita dengan kuat secara sah hingga surga. Insya Allah," tulis unggahan itu dalam bahasa Inggris.

Banyak netizen berspekulasi wanita yang dinikahi secara siri oleh UAS itu adalah Diana Tabrani. Entah dari mana dugaan tersebut bisa muncul, tapi diduga sosok Diana Tabrani merupakan seorang dokter.

Jauh sebelum curahan hati perceraian ini, Mellya juga pernah membagikan tulisan perihal pernikahan di akun Facebook miliknya. Tulisan berjudul Calon Imam Dunia Akhiratku itu diunggah pada Agustus 2012, dua bulan sebelum dirinya dipersunting UAS.

Dari situ, netizen menduga tulisan itu diperuntukkan bagi UAS. Lewat akun Facebook miliknya bernama Ummu Hadzig, Mellya menuliskan tentang imam dunia dan akhirat serta keinginannya menikah sekali dalam seumur hidup.

"Aku hanya ingin menikah sekali dalam seumur hidup, aku hanya ingin menjadi istri shalihah untukmu," kata Mellyana.

Tak hanya itu, Mellya juga berharap calon imamnya itu dapat membimbing dirinya, memperbaiki imannya, serta mendidik dirinya menjadi istri yang saleh dan wanita ahli surga. Sebab, menurut Mellya, imannya masih compang-camping juga amalnya masih bercacat.

UAS Mellya JuniartiMellya Juniarti mengunggah video ceramah UAS suaminya tentang ajakan untuk tidak nikah siri. (Foto: Instagram/@mizyanhadziq)

Di akhir tulisan, Mellya berharap pernikahannya dengan UAS merupakan jawaban atas doa-doanya selama ini. Ia berharap dirinya dapat menjadi penyempurna separuh agama dan penjaga ketaatan calon suaminya tersebut.

Mellya Juniarti dan Ustaz Abdul Somad menikah pada 20 Oktober 2012. Ketika menikah, UAS sudah berusia berkepala tiga, sedangkan Mellya berusia 22 tahun. Dalam sebuah kesempatan tausiah, UAS mengaku dirinya termasuk pria yang terlambat menikah.

Sebelumnya, UAS dan Mellya tak pernah saling mengenal. Perkenalan keduanya diinisiasi seorang imam masjid. UAS sama sekali tak menolak dengan perkenalan tersebut. Kepada sang imam masjid itu, UAS mengatakan agar wanita itu diperkenalkan lebih dulu kepada sang ibu, barulah kepada dirinya.

Dalam memilih calon istri, UAS mempunyai dua persyaratan. Pertama, harus atas restu sang ibu dan calon istrinya itu harus bersedia menjadi wanita kedua karena wanita pertamanya adalah ibunya. Syarat kedua, calon istrinya harus siap sering ditinggal karena kesibukan sebagai ustaz yang tidak memiliki jam kerja dan harus siap kapan pun dibutuhkan umat.

Keduanya pun kemudian menikah tanpa menjalani hubungan pacaran alias taaruf. Bahkan UAS juga mengaku tak pernah berpacaran selama bersekolah. Kini, dari pernikahan itu, keduanya telah dikaruniai satu anak laki-laki.

Tak banyak yang tahu tentang kehidupan rumah tangga pria lulusan Univeristas Al-Azhar, Mesir, ini. Ditambah pula, UAS jarang membagikan kehidupan pribadinya di media sosial. Bahkan sebelum bercerai, UAS pernah ditanya salah satu jemaahnya mengenai nama sang istri. Namun, sang ustaz justru menanyakan balik. "Kenapa pula saya ditanya nama bini," ujar pria berusia 42 tahun ini.

Hingga akhirnya, berita perceraianya ramai dibicarakan publik. Menurut kuasa hukum UAS, Hasan Basri, alasannya peceraian itu karena tak ada lagi kecocokan di antara keduanya. Permasalahan rumah tangga keduanya, lanjut Hasan, sebetulnya sudah terjadi empat tahun lalu jauh sebelum UAS menjadi pendakwah yang dikenal publik dan viral di media sosial. Meski sudah demikian, UAS tetap bertanggung jawab menafkahi bulanan serta memfasilitasi mantan istri dan anaknnya.

Bahkan keduanya juga telah pisah ranjang. Berbagai upaya sudah dilakukan pria kelahiran Asahan, Sumatera Utara, itu demi mempertahankan biduk rumah tangganya. Sebagai kepala keluarga, UAS juga telah berusaha mendidik ibu dari anaknya tersebut, tapi tak berhasil.

Kini, Mellya hanya berfokus pada buah hatinya. Dalam akun Instagram miliknya, diketahui Mellya kerap mengantarkan sang putra ke sekolah, mengaji, atau kegiatan lainnya. []

Baca cerita lain:

Berita terkait
Curhatan Mantan Istri UAS Mellya Juniarti
Mantan istri UAS, Mellya Juniarti kemudian membuat curhatan hati di Instagram @mizyanhadziq yang diunggah, Jumat (6/12/2019).
Pernah Bahas Talak dalam Ceramah, UAS Cerai Juga
UAS pernah memberikan nasehat kepada jamaah yang menghadiri pengajiannya mengenai perceraian.
Dampak Perceraian UAS dan Mellya Juniarti
Dampak Perceraian UAS dan Mellya Juniarti bisa merugikan anak mereka.
0
Gigi Hadid Positif Hamil, Ibunda Buka Suara
Ibunda Gigi Hadid, Yolanda Hadid, membenarkan bahwa putrinya itu memang tengah hamil muda.