UNTUK INDONESIA

Megawati Puji Kebangkitan Tiongkok

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan harapannya terkait kebangkitan Tiongkok.
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan harapannya terkait kebangkitan China atau Tiongkok. Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara kunci dalam forum daring yang diselenggarakan China Institute for Innovation and Development Strategy, Jumat, 20 November 2020. (Foto: Tagar/YouTube PDI Perjuangan)

Jakarta - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan harapannya terkait kebangkitan China atau Tiongkok. Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara kunci dalam forum daring yang diselenggarakan China Institute for Innovation and Development Strategy, Jumat, 20 November 2020 kemarin.

"Memberi ruang besar bagi kerja sama global yang saling menguntungkan dengan semangat persaudaraan," ujar Megawati seperti dilihat Tagar di kanal YouTube PDI Perjuangan, Sabtu, 21 November 2020.

Sebaliknya, kekuatan Tiongkok di kancah global sejak zaman kerajaan mengedepankan kerja sama saling menguntungkan dan menghormati satu sama lain

Presiden Indonesia ke-5 ini menuturkan, Tiongkok sedang dalam pembangunan yang masif, pertumbuhan ekonomi yang cepat, serta keterlibatan aktif dalam percaturan dunia saat ini. Megawati lantas memuji Tiongkok sebagai salah satu negara yang aktif memberikan bantuan termasuk ke Indonesia di masa pandemi Covid-19.

"Saat awal pandemi, di mana masing-masing negara sibuk dengan persoalan dalam negeri, Tiongkok terlebih dahulu memberi bantuan yang konstruktif," ucapnya.

Kemudian, Megawati mengatakan, berdasarkan sejarah, Tiongkok bukan negeri imperialis-ekspansionis, atau negara yang berusaha menaklukkan negara lainnya.

"Sebaliknya, kekuatan Tiongkok di kancah global sejak zaman kerajaan mengedepankan kerja sama saling menguntungkan dan menghormati satu sama lain," kata dia.

Dia juga berharap, Tiongkok dalam kebangkitannya dapat terus menjaga jalan damai diplomasi. Selain itu, Megawati mengajak dunia internasional dapat memaknai kebangkitan Tiongkok secara positif dan konstruktif. []

Berita terkait
Megawati dan Jokowi Didoakan Umur Pendek, PDIP: Itu Provokasi
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah memandang ada doa Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati diberi umur pendek bagian dari provokasi.
Dugaan Manipulasi Ekspor PT Toba Pulp Lestari ke Tiongkok
IndonesiaLeaks pada Februari 2020 lalu, merilis laporan investigatif dugaan manipulasi dokumen ekspor PT TPL ke China.
Mengapa Indonesia Nyaman Kerja Sama Dagang dengan Tiongkok
Rakyat Indonesia harus tahu kenapa pemerintah berhenti ekspor bijih nikel ke luar negeri dan justru menjalin kerja sama dengan Tiongkok.
0
Megawati Puji Kebangkitan Tiongkok
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan harapannya terkait kebangkitan Tiongkok.